by

Kopassus Bagikan Bibit Pohon, Irfan Amir: Satu Pohon Seribu Manfaat

KOPI, Cijantung – Kolonel Infanteri Irfan Amir mengatakan bahwa pohon adalah tumbuhan dengan seribu manfaat bagi alam semesta, terutama bagi manusia. Asisten Teritorial Kopassus TNI-AD ini juga menegaskan bahwa kebiasaan menanam pohon merupakan budaya leluhur dalam menjaga alam sekitar.

Hal tersebut disampaikan Irfan Amir dalam acara pembagian bibit pohon buah-buahan dan pohon produktif kepada warga masyarakat desa binaan Kopassus, bertempat di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, 6 Februari 2023. “Kebiasaan menanam pohon ini merupakan budaya leluhur dalam menjaga alam agar lingkungan sekitar menjadi segar dan asri serta bermanfaat untuk kesehatan masyarakat,” ujar mantan Dandim Jeneponto, Sulawesi Selatan, ini dalam acara penyerahan bibit pohon tersebut.

Irfan juga menambahkan bahwa kebiasaan menanam pohon di lingkungan masing-masing merupakan ladang amal jariyah bagi setiap orang. Tidak hanya itu, perbuatan baik menanam pohon juga diyakini akan mengundang kebaikan-kebaikan dan rejeki bagi orang yang menanam pohon.

“Karena jika kita menanam pohon, yakin dan percayalah dengan bertumbuhnya pohon yang kita tanam inshaa Allah rejeki, kesehatan, dan karier, akan terus bertumbuh mengikuti bertumbuhnya pohon yang kita tanam,” pesannya kepada semua yang hadir yang juga merupakan peserta upacara bendera Senin pagi, 6 Februari 2023 itu.

Melanjutkan keterangannya, perwira baret merah penyandang melati tiga ini mengatakan bahwa budaya bertanam pohon yang dilakukan selama ini merupakan sesuatu yang telah menjadi tradisi di lingkungan Kopassus TNI-AD. “Budaya ini melanjutkan dari apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu-pendahulu Kopassus, apa yang kita nikmati saat ini merupakan warisan dari para senior-senior kita sebelumnya, karena ini sangat penting untuk generasi dan anak cucu kita di masa-masa mendatang,” tutur Irfan Amir.

Merespon kegiatan pembagian bibit pohon dari Kopassus TNI-AD hari ini, seorang warga desa binaan Kopassus penerima bibit, Edi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kopassus atas pemberian bibit pohon. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kopassus yang telah memberikan bibit pohon buah-buahan kepada saya dan warga desa binaan lainnya. Pohon-pohon ini akan ditanam di pekarangan rumah kami,” ucap Edi kepada pewarta yang mewawancarainya usai acara penyerahan bibit pohon secara simbolis ini.

Dari pantauan di lapangan, bibit pohon yang dibagikan terdiri dari pohon buah yakni mangga, kelengkeng, durian, petay dan lain-lain. “Ke depannya, Kopassus akan terus melakukan kegiatan seperti ini dengan menggandeng pihak-pihak yang memiliki pandangan yang sama dengan Kopassus terkait pelestarian lingkungan, Semoga apa yang kita lakukan mendapat barokah dari Tuhan YME,” tutup Kolonel Infantri Irfan Amir. (IFA/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA