by

Bulan Bahasa Bali ke V, Bupati Jembrana: Semoga Bisa Dilestarikan Bahasa dan Sastra Bali

KOPI, Jembrana – Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gede Sujana mewakili Bupati Jembrana membuka Bulan Bahasa Bali V tahun 2023 yang mengambil tema: Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani, bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha, Jembrana Bali, Jumat (10/2/23). Dalam pelaksanaan Bulan Bahasa Bali V tahun 2023 di Kabupaten Jembrana diisi dengan berbagai kegiatan wimbakara (lomba) yang melibatkan berbagai kategori peserta mulai dari tingkat SD hingga Bendesa Adat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menyampaikan bahwa pelaksanaan Bulan Bahasa Bali V tahun 2023 dengan tema: ‘Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani’ sebagai ungkapan wujud rasa syukur bahwa segara (laut) sebagai sumber kehidupan. “Bulan Bahasa Bali sebagai dasar memuja aksara dan sastra yang digunakan untuk mensyukuri keberadaan laut sebagai sumber kehidupan,” ucap Kadisparbud Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara.

Lanjutnya, Kadis Parbud Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan bahwa Bulan Bahasa Bali yang dilaksanakan selama satu hari ini juga diisi dengan enam jenis lomba yang melibatkan peserta dari tingkat sekolah dasar hingga Bendesa Adat. “Bulan Bahasa Bali V tahun 2023 dilaksanakan selama satu hari, yaitu hari ini 10 Februari 2023 yang diisi dengan berbagai lomba diantaranya seperti:

  1. Lomba nyurat aksara Bali yang diikuti siswa SD.
  2. Lomba nyurat lontar yang diikuti siswa SMP.
  3. Lomba mesatua (bercerita) Bali yang diikuti ibu-ibu di masing-masing Paiketan Krama Istri Kecamatan.
  4. Lomba pidato Bahasa Bali yang diikuti Bendesa/Kelian Adat.
  5. Lomba membaca lontar tingkat remaja.
  6. Lomba debat bahasa Bali tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Jembrana.

Demikian jenis lomba yang dilaksanakan pada acara Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini,” jelas Kadis Parbud Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara.

Anak Agung Komang Sapta Negara Sapta Negara menambahkan bahwa untuk juara di masing-masing lomba akan ditunjuk untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi. “Untuk juara pertama dari masing-masing kategori lomba akan mewakili Kabupaten Jembrana ke tingkat provinsi,” imbuhnya.

Sementara Bupati Jembrana dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gede Sujana mengatakan bahwa pelaksanaan Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu upaya Pemkab Jembrana dalam melestarikan Budaya Bali. “Bulan Bahasa Bali wantah salah satu program Pemerintah Kabupaten Jembrana untuk melestarikan Bahasa Bali sebagai hulu kebudayaan Bali, hal itu sebagai wujud upaya pemerintah dalam melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali,” ucap Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gede Sujana.

Gede Sujana menyampaikan bahwa melalui Bulan Bahasa Bali juga sebagai momentum untuk berbakti kepada leluhur melalui pelestarian sastra dan Bahasa Bali. “Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini, semoga bisa melestarikan keberadaan bahasa dan sastra Bali untuk selamanya, karena sastra dan Bahasa Bali seperti kita ingat kepada leluhur, karena keberadaan sastra dan Bahasa Bali berasal dari leluhur Bali yang sudah dikenal di mancanegara,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA