by

KPN Satya Bhakti Gelar RAT 2022

KOPI, Jembrana – Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Satya Bhakti menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) 2022, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno Jembrana, Bali, Sabtu (28/1/2023). Dari laporan RAT tahun 2022 tersebut KPN Satya Bhakti membukukan Sisa Hasil Usaha (SHU) bersih sebesar Rp489.417.110.

Pendapatan bersih selama tahun 2022 tersebut mencapai 15,02 persen, dari target yang direncanakan sebesar Rp447.046.679, nilai SHU tahun 2022 tersebut juga meningkat sebesar Rp63.918.384, dari SHU bersih tahun 2021 lalu, hasil SHU tersebut masih bertumpu pada usaha simpan pinjam dan usaha pertokoan. Khusus usaha simpan pinjam tahun 2022 telah dicairkan pinjaman kepada anggota sebesar Rp480.560.716.

Ketua Pengurus KPN Satya Bhakti I Made Berata menjelaskan bahwa SHU bersih dari usaha pertokoan tercatat sebesar Rp 6.812.649, melihat dari SHU unit usaha tersebut, unit usaha pertokoan masih sangat kecil, karena para anggota belum optimal memanfaatkan unit pertokoan untuk kebutuhan rumah tangganya. “Dalam rangka meningkatkan minat serta partisipasi anggota untuk berbelanja pada unit pertokoan, kami setiap tahun memberikan hadiah kepada anggota yang berbelanja barang cicilan yang terbesar dan pembayarannya lancar.”

“Untuk tahun buku 2022 ini kami memberikan hadiah kepada delapan orang, yaitu lima orang PNS dan tiga orang Pegawai Kontrak, di samping itu, kata I Made Berata, KPN Satya Bhakti yang memiliki sebanyak 864 anggota tersebut juga memperhatikan kesejahteraan anggotanya, diantaranya memberikan santunan berupa uang sebesar Rp500.000 kepada anggota yang meninggal dunia,” jelas Ketua Pengurus KPN Satya Bhakti I Made Barata.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Koperindag I Komang Agus Adinata mengatakan bahwa pelaksanaan RAT agar benar-benar dimanfaatkan untuk mengevaluasi kinerja pengurus dan pengawas dalam mamajukan koperasi selama tahun buku 2022. “Ini menjadi sangat penting karena selain mencerminkan wujud demokrasi dalam tata kehidupan koperasi.”

“Dengan adanya penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas secara periodik dan berkesinambungan akan sangat bermanfaat, baik untuk kepentingan internal manajerial maupun eksternal,” ucap Kadis Koperindag I Komang Agus Adi nata membacakan sambutan Bupati Tamba.

Lanjutnya, Kadis Koperindag I Made Barata membacakan sambutan Bupati Tamba mengatakan bahwa dalam menyongsong tahun emas 2026. Pihaknya berharap bagi seluruh manajemen yang ada di koperasi tersebut untuk dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh KPN Satya Bakti, dan selalu terus menimba ilmu untuk menuju koperasi yang lebih berkualitas dari segala aspek.

“Kepada seluruh anggota gerakan koperasi harus disiapkan sejak dini agar menjadi entrepreneur yang tangguh dan siap bersaing, kami berharap kepada gerakan koperasi khususnya KPN Satya Bakti siap bersaing dan menjadi yang terdepan untuk menyambut tahun emas 2026,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA