by

Ketua PP TIM Resmikan Masjid Nuruddin Ar-Raniry dan Lantik Pengurus TIM Karawang Periode 2023-2027

KOPI, Karawang – Ketua PP Taman Iskandar Muda (TIM) Ir. Muslim Armas meresmikan Masjid Nuruddin Ar-Raniry dan melantik Pengurus TIM Cabang Karawang, Minggu (29/1/23), bertempat di Perumahan Grand Safira, Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Adapun Ketua TIM Cabang Karawang terpilih adalah Samsoe Rijal untuk masa jabatan tahun 2023-2027.

Dalam sambutannya, Muslim Armas menyampaikan pendirian Masjid Nuruddin Ar-Raniry sudah dimulai sebelum Pandemi Covid-19 melanda. Berdirinya Masjid Nuruddin Ar-Raniry berkat sumbangsih Yayasan Pusat Dakwah Al-Quran. “Kita mulai membangun Masjid Nuruddin Ar-Raniry sebelum Pandemi Covid-19, dan ketika Pandemi Covid-19 agak sedikit tersendat pembangunannya. Dan Alhamdulillah, hari ini Masjid Nuruddin Ar-Raniry telah hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya warga Grand Safira dan umumnya masyarakat Karawang,” tutur Muslim Armas yang juga merupakan Pengurus Yayasan Pusat Dakwah Al-Quran.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Perwakilan Pemda Karawang, Pembina Yayasan Pusat Dakwah Al-Quran Ust. Ir. Muhammad Furqan Al-Fauzi, Camat Purwasari, Kepala Desa Darawolong, Bhabinkamtibmas Darawolong, organisasi lokal, dan tamu undangan lainnya.

Selanjutnya, Ketua KUPI (Keluarga Ureung Pidie) tersebut menceritakan asal mula nama Masjid Nuruddin Ar-Raniry. “Bagi masyarakat Karawang memang terdengar asing, berbeda dengan masyarakat Aceh yang sudah familiar dengan nama tersebut. Hal tersebut dikarenakan Nuruddin Ar-Raniry merupakan seorang ulama yang pada saat Sultan Iskandar Muda memerintah menjadi rujukan dari Kerajaan Aceh Darussalam. Itulah salah satu alasan nama Nuruddin Ar-Raniry dipilih,” ungkapnya.

Muslim Armas melanjutkan, beliau memaparkan sejarah terkait Paguyuban Taman Iskandar Muda dan saat ini telah memiliki sebanyak 52 cabang di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah TIM sudah berusia 73 tahun, dan telah memiliki 52 cabang yang tersebar di Nusantara. TIM merupakan paguyuban Aceh untuk Indonesia,” ujarnya.

Lanjutnya, TIM akan bahu membahu bersama pengurus dan masyarakat Aceh serta masyarakat Karawang untuk saling bersinergi dalam menjalankan visi dan misi. “Hubungan antara Aceh dan Karawang sudah terjalin sejak lama. Banyak yang belum mengetahui Menteri Luar Negeri pertama Raden Ahmad Subarjo Joyodisuryo adalah Putera Karawang yang lahir di Teluk Jambe, akan tetapi dalam tubuhnya mengalir darah Aceh karena Ayah beliau Teuku Yusuf merupakan keturunan bangsawan Aceh. Ini menunjukkan masyarakat Jawa Barat khususnya Karawang sudah sangat lama memiliki hubungan dengan masyarakat Aceh,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya Masjid tersebut dapat dipergunakan untuk berbagai kegiatan seperti pengajian, majlis ta’lim, dan kegiatan lainnya. “Ke depan, inshaallah akan dibangun sekolah mulai dari PAUD, TK A, SD, SMP, dan SMA. Kita berharap adanya support dari Pemda Karawang baik dari tingkat dusun, desa, kecamatan, dan kabupaten, supaya masjid ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” tutupnya.

Acara ditutup dengan pelantikan pengurus TIM Cabang Karawang serta serah terima pataka. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA