by

Bupati Jembrana Sampaikan Pidato Akhir Tahun untuk Paparkan Capaian dalam Memimpin Gumi Mekepung

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menyampaikan pidato akhir tahun, untuk memaparkan capaiannya dalam memimpin Gumi Mekepung, bertempat di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Sabtu (31/12/2022). Pidato akhir tahun tersebut
penyampaian refleksi capaian di tahun 2022, di bawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Perayaan malam tahun baru di Jembrana dipusatkan di Sirkuit All In One Desa Pengambengan, acara tutup tahun yang pertamakalinya digelar di pinggiran kota tersebut, dipadati ribuan masyarakat yang memadati lokasi dan acara berlangsung dengan lancar dan kondusif, hingga pesta kembang api tanda pergantian tahun baru 2023 sekaligus tanda berakhirnya perayaan malam tahun baru.

Acara diawali dengan doa bersama oleh lintas agama bersama-sama seluruh undangan serta masyarakat yang hadir. Kemudian sebagai apresiasi atas peran serta dalam penanganan Covid-19, Pemkab Jembrana juga memberikan penghargaan kepada Satgas, Nakes dan mitra kerja seperti, hotel sebagai fasilitas isoter, serta penyampaian refleksi capaian di tahun 2022, di bawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Dalam pidato akhir tahunnya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba memaparkan capaiannya dalam memimpin Gumi Mekepung untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia. Bahkan dalam survey indeks kebahagiaan yang dilakukan BPS didapatkan hasil rata-rata di atas Bali dan Nasional.

“Ini tentu hal yang positif bagi kita, melalui pembangunan insfrastruktur, pelaksanaan berbagai program unggulan daerah mulai dari sektor kesehatan, sosial hingga pendidikan, termasuk peningkatan di sektor investasi kita wujudkan bersama untuk menuju target Jembrana emas 2026,” papar Bupati Tamba.

Di bidang infrastruktur Bupati Tamba menyampaikan bahwa telah dilaksanakan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Jembrana, antara lain sebagai berikut:

  1. Pembangunan Gedung PICU NICU di RSUD Negara, untuk meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan
  2. Peningkatan infrastruktur jalan, untuk memperlancar mobilitas masyarakat
  3. Peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan, untuk mendukung pelayanan dasar bagi masyarakat.

“Selain itu, penguatan infrastruktur yang mendukung peningkatan potensi daerah seperti:

  1. Pembangunan Sirkuit All In One
  2. Pembangunan Sentra Tenun
  3. Revitalisasi Gedung PLUT
  4. Rehab Pura Jagatnatha
  5. Pembangunan Krematorium.

Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing dalam sektor pariwisata maupun peningkatan daya tarik investasi,” ujar Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan bahwa capaian pembangunan yang telah dilaksanakan, tidak hanya di bidang infrastruktur saja, tetapi juga melalui program-program unggulan strategis daerah diantaranya, yaitu, Jembrana Satu Data Dari Desa ( JSDDD). Hal tersebut yang mengantarkan Jembrana sebagai Kabupaten pertama di Indonesia yang menggunakan data desa sebagai pondasi utama dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Selain JSDDD, Kabupaten Jembrana juga fokus dalam inovasi pelayanan kesehatan dengan program JES dan JKJ Plus, melalui pendekatan pelayanan kesehatan, serta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Universal Health Coverage (UHC) sebagai salah satu wujud nyata pemerintah dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat,” jelas Bupati Tamba.

Di bidang pendidikan Bupati Tamba mengatakan bahwa telah dilaksanakan beberapa program unggulan berupa:

  1. Pemberian beasiswa bagi putra-putri berprestasi
  2. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu
  3. Bantuan pemberian biaya pendidikan kepada peserta didik jenjang SD dan SMP yang kurang mampu.

“Tidak ketinggalan juga program unggulan di antaranya sebagai berikut:

  1. Sektor sosial budaya yang dilaksanakan melalui peningkatan pelestarian adat budaya
  2. Pemberian santunan kematian
  3. Pemberian insentif untuk kelian subak
  4. Peningkatan insentif kelian adat
  5. Pemberian makanan bagi Lansia miskin dan terlantar
  6. Bantuan bedah rumah
  7. Peningkatan kapasitas tenaga kerja dengan pemberian Diklat serta magang.

Demikian beberapa program unggulan di bidang pendidikan dan program lainnya,” ucap Bupati Tamba.

Kemudian dari sisi investasi, Bupati Tamba juga menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2022 tersebut telah dilaksanakan berbagai proyek yang dapat meningkatkan nilai penamaman modal di daerah, antara lain sebagai berikut:

  1. Telah dibangunnya Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) budidaya udang vaname
  2. Pembangunan Pabrik oleh PT. Mitra Prodin di Desa Penyaringan yang menyerap lebih dari 6.000 tenaga kerja, sehingga berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Jembrana.

“Selain itu, telah dilaksanakan pula pembangunan Gedung Hemodialisis di RSUD melalui CSR serta pembangunan RMU di Tibu Beneng melalui CSR Bank Mandiri,” jelas Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan bahwa melalui koordinasi dan teamwork yang baik, menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jembrana yang terus meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu mulai dari PAD tahun 2020 sebesar Rp126 milyar, tahun 2021 sebesar Rp145 milyar, hingga di tahun 2022 meningkat menjadi Rp166 milyar.

“Kesuksesan pembangunan di Kabupaten Jembrana tidak terlepas dari adanya sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat luas, sehingga pencapaian visi misi dapat kita wujudkan satu persatu, dengan dukungan dan peran aktif bapak ibu sekalian, Astungkara (mudah-mudahan) apa yang menjadi mimpi kita ‘Menuju Jembrana Emas 2026’ dapat kita wujudkan bersama,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA