by

Bupati Bandung Kunker ke Jembrana Terkait Progam Layanan Kesehatan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Jembrana I Made Budiasa beserta pimpinan OPD terkait, menyambut hangat Bupati Bandung, Jawa Barat, Dadang Supriatna beserta para pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Bandung, bertempat di Sentra Tenun Jembrana, Bali, Jumat (27/1/2023). Penyambutan tersebut dalam rangka Kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana,

Kabupaten Jembrana sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan terbaik menjadi daya tarik Bupati Bandung Dadang Supriatna untuk melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana. Dalam kunjungan kerja tersebut Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta para rombongan Pemkab Bandung.

Usai acara Ceremonial penyambutan tersebut Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan ketertarikan dengan program layanan kesehatan. “Tahun 2000 saya pernah ke sini saat menjadi kepala desa, sehingga saya merasa rindu dengan Jembrana, di samping itu juga saya dengar Kabupaten Jembrana salah satu pelaksana pelayanan kesehatan yang terbaik, karena sudah dibebaskan semuanya, tidak ada pungutan apapun, sehingga masyarakat terlayani kesehatannya dengan baik,” ungkap Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Lanjutnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa program layanan kesehatan di Jembrana menjadi inspirasinya untuk menyusun program layanan kesehatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. “Ini menjadikan inspirasi saya, Insya’ Allah nanti di Kabupaten Bandung akan kami terapkan,” ucap Bupati Dadang Supriatna.

Sementara, Bupati Tamba dengan senang menyambut kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Bandung, ke Jembrana. Karena Kabupaten Jembrana, kata bupati telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC) untuk memberikan jaminan layanan kesehatan bagi masyarakat Jembrana.

“Saya merasa bahagia atas kunjungan Bupati Bandung beserta seluruh jajaran OPD Pemkab Bandung, karena hari ini beliau merasa terkesan dengan cara kita memberikan layanan kesehatan yaitu dengan sistem Universal Health Coverage karena kita sudah mencapai 99 persen,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba juga menjelaskan bahwa berbagai dukungan layanan kesehatan lainnya untuk memudahkan dan mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat, dan telah dilaksanakan beberapa progam layanan kesehatan sebagai berikut:

  1. Layanan ambulance gratis melalui aplikasi JES (Jembrana Emergency Service).
  2. Layanan kunjungan Tenaga Medis ke rumah pasien.
  3. Layanan SINAR BAHAGIA (Sistem Antar Obat Sampai Rumah Pasien Cegah Antrian).

“Di samping itu juga ada jenis pelayanan lain seperti layanan JES, ada Halo Dokter, ada juga layanan untuk warga jompo atau Lansia yang tidak perlu lagi antre di dokter, tetapi petugas kesehatan yang datang ke rumahnya dan ini memberikan suatu kemudahan pendekatan layanan kita kepada masyarakat,” jelas Bupati Tamba.

Selain layanan kesehatan, dukungan lainnya yang dilaksanakan oleh Pemkab Jembrana dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bagi Lansia kurang mampu, yaitu dengan memberikan bantuan makanan gratis bagi Lansia miskin. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA