by

Sempat Disepelekan Banyak Orang, Buaya TikTok Buktikan Bisa Raup Rp 1 M dari Game

KOPI, Jakarta– Jangan pernah takut gagal sebelum mencoba. Justru dari coba-coba, Dwiky Rivaldi Azmi kini bisa meraup pendapatan hingga Rp 1 miliar per bulan dari bisnis top up game online dan joki Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

“Sampai sekarang pun saya masih nggak menyangka ada di titik ini. Intinya fokus, tekuni, nggak usah takut gagal. Kalau belum mencoba kan nggak ada yang tahu,” ujar Dwiky Rivaldi Azmi.

Waktu yang dibutuhkan pria kelahiran Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 27 Februari 2000 ini untuk berada di puncak kesuksesan memang terbilang cepat. Hanya dua tahun saja.

Namun, siapa sangka jatuh bangun dirasakannya saat membangun bisnisnya. Memulai usahanya saat pandemi Covid-19 pada 2019 lalu, Wiky panggilan akrabnya, hanya bermodalkan Rp 600 ribu.

“Pas 2019 itu nggak banyak toko top up diamond dan joki menaikkan rank MLBB. Saya pun mencoba buka Buaya Store, modal cuma Rp 600 ribu. Itu pun dapat dari program Prakerja pemerintah,” kenang Wiky.

Awalnya sepi pembeli, Wiky pun promosi di berbagai grup Whatsapp dan mengumpulkan testimoni sebanyak-banyaknya untuk di-posting di media sosial. Dia bahkan membayar puluhan Seleb TikTok untuk mempromosikan tokonya.

“Di situ store mulai ramai, sampai butuh 3-5 admin buat handle supaya tetap fast respon. Karena merasa nggak bisa terus-terusan begini, saya bikin website top up otomatis 24 jam, buayastore.com. Dan boom, orderan naik 2 kali lipat,” terangnya.

Saking hectic-nya, lulusan SMK Negeri 1 Nglipar jurusan Teknik Komputer Jaringan ini pernah melakukan kelalaian yang berujung kerugian besar.

“Saya pernah ditipu jutaan dan rugi puluhan juta karena salah mengedit harga di website. Item yang harusnya Rp 200 ribu malah saya jual Rp 20 ribu. Banyak orang spam orderan yang mengakibatkan saya rugi puluhan juta,” kata Wiky.

Kini, Wiky tinggal menikmati buah hasil kegigihannya. “Alhamdulillah, saya bisa membuat gaming room pribadi, merenovasi rumah orang tua, membeli motor, merakit PC spek dewa dan membeli barang apapun yang saya pengen tanpa mikir,” tuturnya.

Pesannya kepada siapapun yang ingin sesukses dirinya. “Nggak usah terlalu dengerin kata orang. Fokus saja sama apa yang kalian tuju, tekuni. Hobi main game, jago main Mobile Legends? Kalian bisa manfaatin peluang tersebut,” ucapnya.

Sebelum akhirnya sukses menekuni bisnis tersebut, Wiky pun pernah mencoba berbagai pekerjaan. Dari streamer, merintis jalan sebagai pro player hingga terjun ke dunia content creator. Dia dikenal sebagai Buaya Tiktok di platform TikTok.

“Dulu banyak orang-orang di sekitar saya, bahkan orang tua sendiri yang mengejek saya tidak punya masa depan. Kena mental? Jelas. Tapi saya malah makin tertantang buat menaklukan dunia,” pungkasnya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA