by

Pengertian, Cara Pasang, dan Rekomendasi Set Top Box TV Digital

KOPI, Jakarta – Set Top Box menjadi barang yang banyak dicari. Terang saja, setelah pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelesaikan program migrasi siaran digital atau disebut juga dengan ASO (Analog Switch Off). Dengan begitu, Anda tidak lagi dapat menikmati siaran televisi melalui TV analog.

Sehingga, kini siaran televisi hanya dapat dinikmati melalui TV digital dan juga Set Top Box. Anda bisa membeli Set Top Box di mana saja, mulai dari Set Top Box daerah Jakarta, Set Top Box Depok, dan daerah lainnya di toko elektronik maupun di e-commerce seperti Blibli. Beli STB di Blibli jadi lebih mudah dan aman, karena Blibli mengerti kebutuhan Anda.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud oleh Set Top Box? Mengapa alat ini dapat menangkap sinyal digital? berikut ini penjelasan, cara pasang, serta rekomendasi Set Top Box untuk Anda.

Pengertian Set Top Box

Set Top Box atau sering disingkat menjadi STB merupakan alat atau sebuah perangkat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara lalu ditayangkan melalui TV analog. Yang perlu diingat, Set Top Box bertugas untuk mengubah sinyal, bukan menangkap sinyal.

Jadi, jika Anda ingin membeli Set Top Box, pastikan sudah memiliki antena, baik antena biasa ataupun antena digital. Mengapa membutuhkan antena? Karena antena-lah yang bertugas untuk menangkap sinyal, lalu disalurkan ke Set Top Box untuk kemudian diubah menjadi audio dan visual. Namun perlu dicatat, hanya Set Top Box tipe Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation (DVB-T2) yang dapat mengubah sinyal digital menjadi siaran televisi di TV analog.

Cara Pasang Set Top Box

Memasang Set Top Box ke TV Anda tergolong mudah, apalagi jika Anda menggunakan TV tabung. Alasannya, TV tabung tidak membutuhkan sambungkan kabel HDMI, berbeda dengan TV analog model flat TV.

Setelah memastikan tipe STB yang Anda beli adalah tipe DVB-T2, berikut ini cara mudah memasang Set Top Box ke TV analog.

  • Matikan TV Anda terlebih dahulu.
  • Cabut kabel antena dari TV Anda lalu pasang ke Set Top Box melalui port bertuliskan ANT IN.
  • Jika sudah, Anda dapat lanjut memasang kabel berwarna merah, kuning dan putih dari Set Top Box ke port TV anda, sesuaikan dengan warna kabel.
  • Setelah Set Top Box terpasang dengan baik, Anda bisa mulai menyalakan TV dan STB Anda.
  • Pilih mode tampilan AV pada TV Anda.
  • Jika STB terpasang, maka akan muncul menu STB. Pilih opsi pencarian saluran.
  • Bila daftar saluran siaran digital muncul, Anda dapat memilih opsi simpan
  • TV analog Anda siap digunakan untuk menikmati siaran digital.

Itulah cara mudah memasang Set Top Box ke TV analog Anda.

Jika Anda masih bingung untuk memilih Set Top Box mana yang sesuai dengan Anda, maka bisa lihat rekomendasi STB berikut ini.

Rekomendasi Set Top Box

Ada banyak jenis Set Top Box yang tersedia di pasaran dan dapat Anda pilih. Yang penting, Anda harus memilih Set Top Box jenis DVB-T2 untuk disambungkan ke TV analog Anda.

AKARI STB ADS-525

Rekomendasi STB yang pertama merupakan produk dari Akari ini. STB ADS-525 ini dapat kamu beli dengan harga sekitar Rp 250 ribuan. Set Top Box ini dapat menangkap sinyal dari antena biasa atau UHF ataupun antena VHF. Set Top Box ini mudah untuk dipasang, serta dapat dinyalakan dalam waktu yang lama karena memiliki ventilasi udara yang bernama Smart Cool. Selain itu, STB ini juga sudah memiliki fitur standar yaitu Early Warning System (EWS) atau fitur peringatan dini bencana alam.

Polytron PDV 600T2

Polytron merupakan produsen alat elektronik terbesar dari dalam negeri. Salah satu produknya adalah Set Top Box seri PDV 600T2. Set Top Box ini dibanderol seharga Rp 250 ribuan. Selain memiliki fitur EWS, Set Top Box ini juga dapat menangkap sinyal dari antena biasa serta dapat dipasang pada berbagai jenis TV analog, mulai dari TV tabung hingga TV LCD.

Terdapat port USB yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan flashdisk untuk menyimpan rekaman siaran televisi yang Anda sukai.

Matrix Apple DVB-T2 HD

Set Top Box ini dapat Anda beli seharga Rp 200 ribuan dan Anda akan mendapatkan Set Top Box yang memiliki fitur EWS serta dukungan IPTV untuk mengakses layanan YouTube. Untuk mengakses YouTube, Anda perlu menghubungkan Set Top Box ini dengan internet terlebih dahulu.
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan dua port USB dan menjadikan STB ini sebagai media player.

NGY Digital DVB-T2

Dengan harga sekitar Rp 240 ribuan, Anda dapat membeli Set Top Box yang dapat mengakses YouTube, dapat menjadi media player, serta dapat merekam acara kesukaan Anda dalam format video 1080 HD.

Tanaka DVB-T2 New

Ingin punya Set Top Box yang memiliki fitur game? STB dari Tanaka ini dapat menjadi pilihan Anda dengan membelinya seharga Rp 150 ribuan. Selain itu, ada juga fitur yang membuat Anda dapat mengakses YouTube serta merekam siaran TV kesukaan Anda.

Dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding TV digital, Anda bisa memanfaatkan TV analog Anda untuk menikmati siaran digital. Beli Set Top Box dan kebutuhan Anda lainnya hanya di Blibli, karena Blibli memahami segala kebutuhan Anda. Nikmati juga promo menarik dari Blibli hanya untuk Anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA