by

Berapakah Modal Usaha Ekspedisi yang Baru Berjalan?

KOPI, Jakarta – Melihat perkembangan transaksi jual beli online yang semakin masif, membuat para pelaku usaha ekspedisi pengiriman barang menjadi naik daun. Tidak heran jika banyak orang mulai memikirkan untuk membuka jasa pengiriman juga dan mulai mencari tahu berapakah modal usaha ekspedisi ini.

Kenapa Membuka Usaha Ekspedisi? Karena salah satu jenis usaha yang punya prospek baik ketika semua aktivitas belanja lewat online tentu saja adalah ekspedisi. Setiap pelanggan yang membeli barang di toko online tidak bisa langsung mendapatkan barangnya. Harus melewati yang namanya jasa ekspedisi.

Dalam melakukan usaha apapun wajib mengetahui prospek dan juga modal dalam memulainya. Semua pelaku usaha pastinya sepakat dalam keadaan seperti sekarang yang sangat masif pertukaran barang online membuat usaha ekspedisi terlihat begitu sexy dan menggoda.

Sudah jelas alasan utama kenapa memulai membuka jasa ekspedisi dapat mendatangkan keuntungan masif untuk Anda adalah karena kebutuhannya. Hampir semua masyarakat modern yang suka belanja online sangat memerlukan jasa ekspedisi dan ini membuatnya begitu potensial di bidang bisnis.

Perkiraan Modal Usaha Ekspedisi

Apabila Anda tertarik memulai usaha ekspedisi tentunya harus memikirkan dana dalam memulainya. Untuk saat ini perkiraan modal usaha ekspedisi ketika hendak memulainya itu sekitar Rp. 5 juta sampai dengan Rp. 10 juta. Dengan dana sebesar itu perintis usaha bisa memulai bisnis ini.

Kemudian menyiapkan ruangan untuk usaha, tidak perlu yang besar namun fungsional. Dana sebesar itu juga sudah bisa membuat Anda mendapatkan beberapa item penting dalam menjalankan bisnis seperti perangkat komputer, timbangan, dan juga printer untuk mencetak resi serta pencatatan.

Modal awal setiap perintis usaha jasa ekspedisi ini tentu berbeda beda tergantung sebesar apa layanan dan cangkupan yang hendak Anda buat. Menariknya, jasa ekspedisi Surabaya sekarang menawarkan kerjasama atau kemitraan sehingga ketika memulai bisnis ini perintis dapat melakukan kerja sama ini.

Perhitungan Terperinci dalam Memulai Usaha Ekspedisi

Apabila Anda ingin memulai usaha ekspedisi dengan cakupan yang lebih luas dan juga menciptakan ruang lingkup kerja terbaik, tentu modalnya cukup besar. Kisaran modal di poin sebelumnya hanya untuk usaha kecil. Berikut perhitungan yang harus Anda perhatikan :

1. Biaya Modal Investasi

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah biaya modal investasi untuk menjalankan bisnis ini. Modal investasi adalah aset dalam bisnis yang tidak bergerak dan selalu bisa pengguna pakai setiap saat dalam menunjang aktivitas bisnis biaya modal investasi antara lain :

  • Sewa tempat usaha : Rp. 15 Juta/tahun
  • Komputer printer : Rp. 5 juta
  • Timbangan digital : Rp. 1 juta
  • Alat transportasi : RP. 150 juta (tergantung)
  • Surat izin usaha : Rp. 1 Juta
  • Peralatan lainnya : Rp. 4 juta

Biaya Operasional

Selain memikirkan modal investasi yang tidak bergerak, ketika usaha Anda ini sudah berjalan penting untuk memikirkan biaya operasional. Dalam menjalankan jenis usaha apapun menghitung operasional sangatlah penting berikut keterangannya :

  • Biaya Internet, listrik, telepon air : Rp. 4 juta/bulan
  • Gaji karyawan 2 orang : Rp. 3 Juta (menyesuaikan)
  • Biaya tak terduga : Rp. 1 Juta

Hal Penting Lainnya ketika Hendak Memulai Usaha Ekspedisi

Ketika Anda memutuskan untuk memulai usaha ekspedisi selain memikirkan modal terdapat beberapa hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatian. Hal ini sangat penting jika ingin membangun usaha ekspedisi dengan tingkat kenyamanan serta kemampuan bersaing tinggi. Berikut ulasannya :

1. Memikirkan Tempat Usaha

Tempat usaha untuk Anda jadikan sebagai kantor tidak boleh menentukannya secara sembarangan. Pastikan untuk memilih tempat usaha yang strategis sehingga para pelanggan secara cepat dapat menemukannya.

Ketika memilih lokasi usaha ini pastikan jika tempat tersebut kemungkinan besar berada di pinggir jalan. Tingkat keramaian juga harus Anda perhatikan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam mempromosikan brand usahanya.

2. Mendaftarkan Brand atau Jasa

Ketika hendak memulai usaha ekspedisi, selain memikirkan modal pastikan usaha atau jasa Anda sudah terdaftar di situs dgip.go.id. Ini merupakan lembaga pemerintah yang melindungi segala aspek bisnis termasuk nama, logo, brand, dan lainnya.

Usahakan jenis layanan kurir Anda sudah terdaftar sehingga tidak ada tudingan plagiat ketika menjalankan usaha ini. Pentingnya juga surat permohonan izin kerja kepada pemerintah setempat. Hal ini bertujuan agar usaha bisa terlihat lebih terpercaya dan kredibel.

3. Menyediakan Alat Transportasi Berkualitas

Modal terbesar dalam menjalankan usaha ini adalah mendatangkan mobil pengakut. Akan tetapi inti dari bisnis ini memang seputar pengakutan. Jadi wajar jika Anda harus mengeluarkan dana lebih besar untuk mendatangkan alang pengangkut ini.

Ketika memulai usaha Anda bisa menggunakan beberapa alat transportasi murah terlebih dahulu dengan 1 mobil dan 2 motor kurir. Komposisi ini sudah lebih dari cukup dalam menjalankan usaha jasa pengiriman barang ini. Pastikan menggunakan yang berkualitas agar mudah.

4. Menyediakan Fasilitas yang Memudahkan Pelanggan

Pikirkan juga kenyamanan pelanggan ketika Anda memulai usaha ini. Beberapa fasilitas yang setidaknya ada di tempat kerja jasa pengiriman paket adalah proses packing. Terdapat beberapa pelanggan yang tidak dapat melakukan packing untuk barang barang tertentu.

Hal ini tentunya sangat menyulitkannya dan sebagai jasa ekspedisi Anda setidaknya harus mempelajari beberapa teknik packing dengan serius. Tujuannya jelas untuk memudahkan para pelanggan sehingga merasa nyaman dan mendapatkan service terbaik dari jasa ini.

Demikian informasi mengenai perkiraan modal usaha ekspedisi. Membangung sebuah bisnis atau usaha memang tidak mudah. Memang kebanyakan ujian terbesar datang dari modal, akan tetapi jika Anda bisa menghitung dan menyalurkan dana secara baik maka usaha bisa berjalan lancar.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA