by

Mengenal Apa itu KPR Milenial dan Tips Membelinya

KOPI, Kediri – Banyak yang mengatakan bahwa generasi milenial saat ini cukup sulit untuk membeli rumah pertamanya. Yang mana ini dapat dibuktikan bahwa generasi sekarang lebih memilih gaya hidup dengan membeli barang dan mencari hiburan berlebihan.

Namun bagi kamu generasi milenial, jangan merasa putus asa. Pasalnya, kini kamu bisa membeli rumah dengan melalui KPR milenial. Selengkapnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu KPR Milenial?

Seperti yang telah disinggung di atas, generasi milenial memiliki presentase lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya untuk memiliki rumah pertamanya. Hal ini dikarenakan biaya hidup dan kebutuhan yang dilebihkan, namun membeli rumah bukan menjadi hal yang harus ditakutkan untuk generasi milenial.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) milenial adalah skema yang telah disiapkan untuk generasi muda yang ingin membeli rumah. Bukan lain, ini bertujuan untuk memudahkan generasi muda agar dapat memiliki rumah impian dengan cara yang mudah.

Dikatakan mudah, karena program KPR milenial menawarkan beberapa prinsip seperti:

  • Suku bunga kecil
  • Cicilan ringan
  • Uang muka relatif rendah
  • Masa tenor cicilan panjang
Tips Membeli Rumah Melalui KPR untuk Milenial

Membeli rumah merupakan sebuah tanggung jawab yang wajib dan segera mungkin direalisasikan. Tidak terkecuali untuk kalangan muda, dengan KPR milenial ini sangat memungkinkan kamu memiliki rumah idaman.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membeli rumah dengan KPR milenial:

Belajar Mengelola Keuangan

Milenial dipandang sebagai generasi produktif yang bernafsu untuk menghambur-hamburkan uang. Itulah salah satu hal yang mendasari keuangan menjadi tidak stabil.

Dengan menggunakan program KPR, dibutuhkan konsistensi dalam mengelola pengeluaran supaya memiliki dana untuk membayar cicilan. Untuk itu, solusi terbaik yaitu kamu harus belajar untuk mengelola keuangan dengan membuat perencanaan alokasi dana per bulan dan memprioritaskan kebutuhan dasar.

Menentukan Target Rumah KPR

Ketika berencana membeli rumah, tentu kamu sadar bahwa rumah yang akan kamu beli merupakan sebuah investasi dari jerih payah untuk masa depan. Tentunya, kamu juga perlu untuk melakukan riset mendalam mengenai bangunan yang akan dibeli.

Dasar dari riset ini yaitu kamu wajib mencermati kondisi fisik dan lokasi bangunan, kesesuaian harga jual dengan budget, serta cari tahu fasilitas dan lingkungan sekitar rumah.

Menyiapkan Dana untuk Uang Muka

Pada umumnya, jual beli rumah mensyaratkan uang muka (DP) sebesar 10% hingga 30% dari total harga rumah yang dipilih, ini juga berlaku untuk pembelian dengan skema KPR ataupun tidak.

Cukup penting bagi kamu yang berencana membeli rumah untuk menyiapkan uang sebesar nominal DP. Kamu bisa mengalokasikan dana sekian persen setiap bulannya untuk mengumpulkan uang ini.

Alokasi Dana Darurat

Dalam masa pembayaran cicilan kredit, kamu harus siap atas segala kemungkinan yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan ataupun terdampak musibah.

Dengan ini, kamu perlu mengalokasikan dana darurat untuk meringankan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Setidaknya, 5% setiap bisa kamu sisihkan untuk menangani hal ini.

Jika kamu memiliki perencanaan yang matang dan komitmen tinggi, program KPR sangat cocok untuk kamu terapkan. Terlebih, dengan adanya KPR milenial ini bukanlah hal mustahil bagi kalangan muda untuk memiliki rumah pribadinya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA