by

Haturkan Pakelem ke Tengah Laut, Bupati Jembrana: Semoga Berjalan dengan Baik

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghaturkan Banten Pakelem ke tengah laut, bertempat di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Minggu (25/12/2022). Menghaturkan Banten Pakelem tersebut sebagai wujud syukur dengan segera diresmikannya Sirkuit All in One di Desa Pengambengan.

Prosesi mulang pakelem juga untuk memohon keselamatan dan kelancaran atas digelarnya rangkaian kegiatan yang dipusatkan Pemkab Jembrana di tempat tersebut hingga tutup tahun nanti. Usai matur pakelem, mengawali serangkaian kegiatan akhir tahun di Sirkuit All in One tersebut, juga dilaksanakan lomba sampan tradisional yang diikuti belasan sampan dari nelayan Jembrana, dan perlombaan tersebut sukses menarik perhatian masyarakat, yang terlihat memadati kawasan sirkuit.

Prosesi upacara dengan banten suci soroh disertai pakelem itik dan bebek selem (hitam) tersebut, turut diikuti pimpinan Forkopimda, Sekda Jembrana, I Made Budiasa serta pimpinan OPD di Lingkup Pemkab Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa upacara matur pakelem merupakan wujud rasa syukur telah berjalannya pemerintahannya dengan baik serta berkaitan dengan dibukanya Sirkuit All in One di Desa Pengambengan. “Besok kegiatan akan kita lanjutkan dengan pecaruan dan pemelaspasan di Sirkuit All in One, kita berharap semoga bisa berjalan dengan baik sesuai rencana,” harap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba menambahkan bahwa selain kegiatan tersebut ada juga pelaksanaan lomba petik laut dan lomba sampan tradisional yang diselenggarakan, lomba tersebut menjadi salah satu event akhir tahun ini. “Banyak kegiatan yang telah kita siapkan, mulai dari:

  1. Mekepung
  2. Lomba layang-layang
  3. Tari rejang massal
  4. Konser musik
  5. Pesta kembang api
  6. Lomba petik laut
  7. Lomba sampan tradisional.

Semoga semua kegiatan berjalan dengan baik, mohon dukungan masyarakat Kabupaten Jembrana, karena ini adalah bagian dari cikal bakal dari pariwisata Kabupaten Jembrana ke depan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menetralisir alam, salah satunya dengan melaksanakan pakelem di pantai untuk memohon keselamatan kepada Sang Hyang Baruna, yang merupakan penguasa laut, sehingga kegiatan yang dilaksanakan di mulai dari 25-31 Desember 2022 tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini cuaca ekstrem sering terjadi, dengan pakelem ini kita memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar kondisi alam, bisa kita atasi dan kegiatan ini dapat berjalan lancar,” jelas Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Anak Agung Komang Sapta Negara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA