by

Dandim 0104/Atim Hadiri Kegiatan Pencanangan Sub PIN Polio di Kota Langsa

KOPI, Langsa – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol., menghadiri kegiatan Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional Dalam Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio Oral Pada Anak Di Bawah Usia 0-13 Tahun, bertempat SD Negeri 1 Langsa, Jln. Cut Nyak Dhien No 11 Gampong Jawa Kec. Langsa Kota Kota Langsa, Senin (12/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Langsa dan UNICEF, tersebut, juga dihadiri Pj Walikota Langsa Ir. Said Mahdum Majid, Kapolres Langsa AKBP. Agung Kanigoro, S.H, S.I.K, M.H, Perwakilan UNICEF Aceh Barqa Helmy, Sekretaris Daerah Kota Langsa Muhammad Darfian, ST., Unsur Forkopimda Kota Langsa, para Kepala Dinas, Camat, dan Kepala Sekolah Dasar wilayah Pemko Langsa, dan Siswa SD Negeri 1 Langsa Kota usia 0 – 13 tahun.

Dalam laporannya, Kadinkes Langsa dr. Akbar, M.Kes selaku panitia kegiatan menyampaikan bahwa hari ini kita melaksanakan tetes imunisasi anak usia dari 0-13 tahun dalam rangka Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional Dalam Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Pidie telah menjadi isu Nasional bahkan topik hangat di Mancanegara. Kasus polio pertama di Puskesmas Mane, Kab. Pidie ditemukan pada tanggal 9 November 2022.

Penyebabnya karena sanitasi dan imunisasi, oleh karena itu Dinas kesehatan Aceh dan UNICEF bekerjasma diadakan pencanangan diseluruh Aceh dengan target anak yang terimunisasi sebanyak 96%, kami disini berharap bantuan dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Dinas pendidikan dan para Stakeholder di wilayah Kota Langsa,” jelasnya.

Sambutan sekaligus pembukaan pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional oleh Pj Walikota Langsa Ir. Said Mahdum Majid menyampaikan bahwa seperti yang kita ketahui bersama, persoalan KLB Polio di Kabupaten Pidie telah menjadi isu Nasional bahkan topik hangat di mancanegara. Kasus polio pertama di Puskesmas Mane, Kab. Pidie ditemukan pada tanggal 9 November 2022. Pelaksanaan investigasi lanjutan segera dilakukan oleh Tim Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Aceh, Dinas Kesehatan Pidie, UNICEF dan WHO. Oleh karena itu, sebagai bentuk respon dari Kota Langsa, pada hari ini Kota Langsa melakukan pencanangan Sub-PIN yang dilaksanakan di SDN No.1 Kota Langsa,”ungkapnya.

Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak, khususnya Kepala Sekolah SDN No.1 Kota Langsa dan jajarannya atas konstribusinya sehingga pada hari ini kegiatan pencanangan SUB PIN Polio untuk seluruh Kota Langsa dapat kita laksanakan. Hari ini tanggal 12 Desember 2022 kita mencanangkan Sub-PIN Polio di Kota Langsa.

Selanjutnya, saya intruksikan kepada seluruh Camat beserta jajaran dibawahnya untuk serius melaksanakan Sub-PIN Polio ini sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sehingga target 95% anak usia 0-13 tahun terimunisasi polio.

Sementara usai pelaksanaan kegiatan tersebut saat dikonfirmasi awak media Dandim sangat mendukung target yang disampaikan oleh Pj. Walikota Langsa dapat tercapai, namun bila masih ditemukan risiko penularan, maka akan dilakukan Sub PIN putaran berikutnya. Hal ini untuk memastikan penularannya benar-benar bisa kita hentikan,”kata Dandim.

Oleh karena itu, Dandim menekankan bahwa dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintahan, dan segenap lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Utamanya dukungan dari para orang tua dengan mengajak putra-putrinya, dari usia 0 bulan sampai dengan 12 tahun termasuk pendatang, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos imunisasi terdekat untuk mendapatkan imunisasi Polio.

“Mari bersama kita lindungi anak-anak kita dari polio dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi lainnya. Ayo bawa anak-anak kita ke puskesmas, posyandu maupun pos pelayanan imunisasi lainnya untuk mendapatkan imunisasi,” pesan Dandim.
(Jurnalis Said Yan Rizal).

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA