by

Ciri-Ciri Trotolan Burung Cendet Kepala Hitam (Blangkon)

Ciri Trotolan Cendet Kepala Hitam – Burung cendet kepala hitam merupakan salah satu burung endemik yang berasal dari pulau madura. Jenis burung yang satu ini memiliki kualitas yang paling bagus di antara jenis burung cendet di daerah lain. Bahkan, burung cendet yang berasal dari pulau Madura tersebut sering dikenal dengan cendet blangkon atau sembur (kepala hitam).

Sekarang ini, burung cendet yang berasal dari madura banyak dicari. Mengapa demikian? Sebab, burung cendet jenis tersebut pernah merajai berbagai ajang perlombaan ataupun event lokal hingga nasional. Sampai saat ini, telah banyak di buka perlombaan khusus burung kicau untuk umum. Burung cendet termasuk burung kicau yang dapat dilombakan dalam kontes tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa burung cendet memiliki kualitas kicauan yang baik. Namun semua itu hanya berlaku untuk burung cendet yang berjenis kelamin jantan saja. Tapi para pecinta burung kicau banyak yang mengaku masih kesulitan dalam memilih anakan burung cendet.

Untuk memilih atau menentukan ciri-ciri cendet trotolan kepala hitam sangat diperlukan anakan burung cendet yang sudah berbulu sedikit agak rapat. Sebab dari warna bulu, dapat anda jadikan penentu jenis kelamin anakan cendet. Di bawah ini kami akan menjelaskan ciri trotolan anakan cendet kepala hitam yang mungkin bisa anda pelajari.

Berikut Ciri Trotolan Burung Cendet Kepala Hitam

Bagi para kicau mania pemula, sebaiknya anda memilih burung cendet berjenis kelamin jantan sebagai gacoan di arena perlombaan. Karena cendet jantan mampu menirukan berbagai suara dibandingkan cendet betina.

Ciri-ciri Anakan Cendet Jantan

Dalam membedakan anakan cendet jantan sebenarnya cukup mudah. Kesulitan yang di dapatkan mungkin dari diri sendiri yang malas untuk teliti dalam memilihnya. Burung cendet jantan tentu saja memiliki ciri-ciri seperti berikut :

  • Kepala : Burung cendet trotolan kepala hitam yang berkualitas yaitu memiliki bentuk kepala cepak dan berukuran besar.
  • Paruh : Anakan burung cendet mempunyai pangkal paruh yang tebal dan lebar.
  • Postur tubuh : Anakan burung cendet jantan mempunyai postur tubuh yang proporsional dan panjang.
  • Topeng atau alis : Anakan cendet jantan pasti memiliki alis atau topeng yang berwarna hitam pekat, memanjang sampai leher. Dan akan berubah menjadi topeng full ( kepala hitam ) ketika sudah beranjak dewasa.
  • Warna bulu kepala : Memiliki warna bulu yang putih dan bersih, dan akan berubah hitam saat usia sudah beranjak dewasa.
  • Sayap : Di bagian luar sayap memiliki warna hitam mengkilap, serta mempunyai warna putih yang biasanya lebih tebal.
  • Ekor : Mempunyai warna ekor yang hitam dan lebih pekat.
  • Cara bertengger : Trotolan cendet yang bagus biasanya mempunyai cengkraman yang kokoh, berdiri dengan tegak dan terlihat gagah dari depan.
  • Vokal : Trotolan cendet yang bagus biasanya mempunyai vocal suara yang keras.

Ciri-ciri Anakan Cendet Betina

Ciri burung cendet betina juga akan terlihat jelas jika anda memperhatikannya dengan teliti. Kepala burung cendet betina cenderung lebih bulat dan menggelembung. Terdapat bulu pada bagian pipi, ujung kepala sampai tengkuk berwarna hitam dengan warna yang sedikit memudar atau samar. Bahkan ujung paruh burung cendet betina relative lebih tipis dari burung cendet jantan.

Penutup

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai ciri anakan burung cendet kepala hitam. Saran dari kami, jika anda masih pemula cobalah untuk mengajak rekan atau orang yang sudah berpengalaman dalam dunia burung. Agar dapat mengetahui jenis kelaminnya. Pastikan anda mempelajari ciri-cirinya, supaya tidak salah pilih. Karena burung kicau lomba lebih baik berjenis kelamin jantan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA