by

Bupati Tamba Tinjau Pelaksanaan Pasar Murah di Areal Gereja Katolik Jelang Hari Raya Natal

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba meninjau pelaksanaan pasar murah, bertempat di areal Gereja Katolik Paroki St. Petrus Negara, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Minggu (18/12/2022). Pelaksanaan pasar murah tersebut bertujuan untuk antisipasi naiknya harga kebutuhan pokok menjelang hari Raya Natal.

Menjelang Hari Raya Natal, Pemkab Jembrana menggelar pasar murah, kegiatan tersebut digelar sebagai mengantisipasi naiknya harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang hari raya. Di pasar murah tersebut masyarakat umum bisa membeli berbagai kebutuhan pokok seperti, beras, minyak goreng, telur, gula pasir, cabai serta bawang merah dan bawang Putih yang harganya lebih murah, apabila dibandingkan di pasaran.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa sebagai mengantisipasi naiknya harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang Hari Natal. “Menjelang hari raya apapun kadang-kadang harga di pasar melonjak naik, kita intervensi sedikit dengan melaksanakan pasar murah ini tujuannya, selain membantu masyarakat mendapatkan harga yang murah, juga bagian untuk menurunkan inflasi yang ada di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Salah satu masyarakat Jembrana Ni Luh Sumbertini mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. “Mendekati Hari Natal banyak kebutuhan yang diperlukan, untuk harga di sini lumayan, selisihnya lebih murah, saya harap ini bisa terus berlanjut,” ujar Ni Luh Sumbertini.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Jembrana I Komang Agus Adinata menjelaskan bahwa pihaknya menyediakan beberapa bahan kebutuhan pokok yaitu :

  1. Beras sebanyak 1,5 ton
  2. Telur sebanyak 1.500 butir
  3. Minyak goreng sebanyak 160 liter
  4. Gula pasir sebanyak 50 kg
  5. Cabai merah kecil sebanyak 5 kg
  6. Cabai besar sebanyak 5 kg
  7. Bawang merah sebanyak 14 Kg
  8. Bawang Putih sebañyak 20 kg.

“Untuk harga bahan kebutuhan pokok di pasar murah ini, adalah sebagai berikut:

  1. Harga beras Rp10.600/kg
  2. Harga telur ayam Rp1.700/butir
  3. Minyak goreng 160 liter dengan seharga Rp14.000-16.500/liter
  4. Harga gula pasir di pasar murah Rp12.500/kg, sedangkan di pasaran seharga Rp18000-19000/kg
  5. Harga cabai merah kecil di pasar murah sebesar Rp30.000/kg, sedangkan di pasaran mencapai harga Rp45.000,/kg
  6. Harga cabai besar di pasar murah sebesar Rp18.000/kg, sedangkan di pasaran seharga Rp22.000/kg
  7. Harga bawang merah di pasar murah sebesar Rp24.000/kg, sedangkan di pasaran seharga Rp30.000/kg
  8. Harga bawang putih di pasar murah sebesar Rp20.000/kg, sedangkan di pasaran sebesar Rp22.000/kg.

Demikian daftar harga di pasar murah menjelang Hari Natal,” jelas Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindusterian dan Perdagangan I Komang Agus Adinata. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA