by

Bupati Tamba Serahkan Secara Simbolis BLT Dana Insentif Daerah Kabupaten Jembrana Tahun 2022

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Jembrana tahun 2022, bertempat di Balai Lingkungan Asri, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana Bali, Kamis (15/12/2022). Penyerahan bantuan langsung tunai dana insentif daerah tersebut sebesar Rp450 ribu sudah dicairkan.

Dalam acara tersebut Bupati Jembrana didampingi Kadis Sosial Jembrana I Gusti Ketut Oka Parwata, dan juga dihadiri oleh para Camat se-Kabupaten Jembrana dan Lurah Gilimanuk.

Adapun pencairan bantuan langsung tunai tersebut diberikan kepada:

  1. Lanjut usia (Lansia)
  2. Disabilitas
  3. Perempuan rawan sosial ekonomi (PRSE)
  4. Anak-anak yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  5. Individu (masyarakat) yang masuk data DTKS non Bansos yang belum pernah menerima bantuan.

Kepala Dinas Sosial Jembrana I Ketut Oka Parwata mengatakan bahwa bantuan tersebut dibagi di lima kecamatan dari lima puluh satu desa/kelurahan di Jembrana, bantuan tersebut digelontorkan untuk 1800 orang, dan diberikan sebesar Rp150.000 ribu setiap bulan, selama tiga bulan berturut-turut mulai Oktober-Desember 2022, skema pencairannya tersebut secara tunai. “Bantuan yang disalurkan hari ini, merupakan bantuan dana insentif daerah,” ucap Kadis Sosial, I Gusti Ketut Oka Parwata.

Kadis Sosial I Gusti Ketut Oka Parwata menjelaskan bahwa syarat penerima bantuan tersebut belum mendapatkan bantuan, baik dari pusat maupun daerah, serta penerima bantuan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria, mulai dari Lansia, disabilitas, perempuan rawan sosial ekonomi (PRSE), anak-anak yang masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan individu (masyarakat) yang masuk data DTKS non Bansos. “Bantuan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Jembrana Nomor 479/Dinsos/2022 tanggal 4 Oktober 2022 tentang penetapan penerima bantuan sosial berupa bantuan sosial tunai berupa uang yang direncanakan diberikan kepada individu yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial di Kabupaten Jembrana tahun 2022.”

Adapun jadwal pencarian bantuan tersebut sudah kami kirimkan ke masing-masing perbekel (kepala desa-red) dan lurah, dan para Camat untuk mengawal proses pencairan pada wilayah masing-masing dan memastikan agar para penerima manfaat segera memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal,” jelas I Gusti Ketut Oka Parwata.

Usai Kick Off penyerahan BLT tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa dampak dari kenaikan harga secara global dapat memberikan tekanan dan pengaruh secara signifikan terhadap daya beli masyarakat prasejahtera. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jembrana mengambil suatu tindakan preventif untuk melindungi dan meringankan beban bagi masyarakat prasejahtera dengan memberikan bantuan langsung tunai.

“Bantuan sosial tunai ini merupakan salah satu model dan strategi dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera di Kabupaten Jembrana yang diarahkan untuk terciptanya ketahanan pada daya beli masyarakat prasejahtera kita,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengingatkan kepada Kepala Dinas Sosial dan para Camat agar memfasilitasi dan mengawal proses pencairan bantuan tersebut, supaya dapat berjalan lancar dan tuntas sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. “Saya juga berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, sehingga BSU ini bisa memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan, khususnya kepada Direktur Bank BPD atas dukungannya selama ini kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana,” harap Bupati Tamba.

Di hadapan para penerima manfaat BSU tersebut Bupati Tamba berpesan agar segera dapat menggunakan BSU tersebut secara optimal, sehingga harapan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana dapat membantu menjaga kondisi ekonomi yang dimiliki oleh keluarga prasejahtera dari keterpurukan. “Selaku Bupati Jembrana, saya sangat berharap mudah-mudahan bantuan sosial tunai ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian, sehingga masyarakat Jembrana nantinya dapat mempersiapkan diri menuju Jembrana emas 2026,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA