by

Bupati Tamba Dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kamabicab Gerakan Pramuka Jembrana

KOPI, Jembrana – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin, melantik Bupati Jembrana I Nengah Tamba sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Jembrana Masa Bhakti 2021-2026, bertempat di Gedung Auditorium Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (17/12/2022). Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan tanda jabatan.

Usai dilantik, Bupati Tamba saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengungkapkan rasa syukur kegiatan pelantikan dapat terlaksana dengan baik. “Saya bersyukur setelah beberapa kali direncanakan akhirnya di hari yang baik ini dapat dilaksanakan pelantikan, terima kasih para pengurus telah menjalankan tugas dengan baik,” ungkap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengatakan bahwa memiliki gagasan untuk membangun kawasan perkemahan di Jembrana seperti Bumi Perkemahan Cibubur. “Saya telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, dan memohon ke Pemprov Bali untuk pemanfaatan lahan hutan produksi seluas 50 hektar yang berlokasi di depan Kawasan Mantu Cager sebagai pusat persinggahan dan kawasan perkemahan untuk pramuka seperti yang ada di Cibubur, kita juga bisa memiliki bumi perkemahan di Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba merasa bangga dengan semangat anggota organisasi kepramukaan dalam mendidik generasi muda. “Semangat kepramukaan sangat luar biasa dalam mendidik kader-kader generasi bangsa yang tangguh, saya bangga melihat semangat para pengurus dan anggota yang mencerminkan generasi yang berbeda, cinta tanah air dan berbakti pada negeri,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba meminta kepada para anggota Pramuka Kwarcab Jembrana dapat berkontribusi untuk mewujudkan Jembrna emas 2026 demi masyarakat Jembrana Bahagia. “Adik-adik sekalian anggota pramuka, dengan semangat kalian, sambutlah tahun 2026 sebagai tahun emas Kabupaten Jembrana, saya meminta bantu pemerintah mewujudkan Jembrana emas 2026, kontribusi adik-adik akan menjadi contoh bagi generasi muda Jembrana, untuk meningkatkan produktifitas dan melaksanakan hal-hal yang positif, untuk mewujudkan masyarakat Jembrana Bahagia,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Mede Rentin yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Bali dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana. “Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi Kwarcab dan seluruh jajaran pengurus, masa bhakti 2016-2021, dan selamat kepada kakak-kakak yang dilantik hari ini, untuk masa bhakti 2021-2026 walaupun pelantikan baru dilaksanakan setelah satu tahun kepengurusan berjalan,” ucap Ketua Kwartir Bali I Made Rentin.

I Made Rentin mengungkapkan bahwa
telah melaksanakan program digitalisasi database anggota Pramuka Bali melalui aplikasi siapsapa.id, yang mendapat apresiasi dan dukungan dari Kwartir Nasional sebagai acuan pelaksanaan kegiatan kepramukaan. “Seluruh anggota Kwarda Bali wajib terdaftar dalam aplikasi siapsap.id sebagai acuan pelaporan potensi pramuka kepada Kwartir Nasional dan pemerintah yang akan menjadi persyaratan utama untuk mengikuti kegiatan kepramukaan skala ranting, cabang dan nasional,” ungkap I Made Rentin.

I Made Rentin meminta Kwarcab Jembrana yang beranggota sebanyak 8.150 orang tersebut, yang terdiri dari yaitu:

  1. Sebanyak 2.015 orang pramuka siaga
  2. Sebanyak 2.996 orang pramuka penggalang
  3. Sebanyak 432 orang pramuka penegak
  4. Sebanyak 569 orang pramuka pandega
  5. Sebanyak 2.938 orang pramuka dewasa.

Oleh karena itu semua anggota agar segera terdaftar dalam database untuk mendukung proses digitalisasi database anggora pramuka di Jembrana. “Saya meminta kepada Kwarcab Jembrana beserta jajaran untuk mengawal proses digitalisasi database anggota pramuka, sehingga dapat tuntas di Kabupaten Jembrana,” pintanya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Bali, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jembrana selaku Anggota Mabicab, Sekretaris Daerah selaku Ketua Kwacab Gerakan Pramuka Jembrana beserta Anggota, Ketua dan Anggota LPK Kwarcab Jembrana, Ketua Kwartir Ranting se-Kwarcab Jembrana dan Ketua KNPI Kabupaten Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA