by

Bupati Jembrana Menandatangani Kerjasama bersama Kepala BPJS Cabang Singaraja untuk UHC Tahun 2023

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melakukan penandatanganan kerjasama bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja, Endang Triana Simanjuntak, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Bali, Sabtu (17/12/2022). Penandatanganan tersebut sebagai upaya untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Jembrana.

Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali melanjutkan perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Singaraja untuk Universal Health Coverage (UHC) tahun 2022. Melalui Universal Health Coverage, Pemkab Jembrana memberikan jaminan dan memastikan kepada masyarakat, minimal 98 persen sudah terlindungi dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hal tersebut baik melalui program JKN yang dibiayai pemerintah maupun secara mandiri oleh masyarakat dan pemberi kerja.

Terkait hal tersebut Pemkab Jembrana telah menyiapkan anggaran sebesar Rp48,7 milyar di tahun 2023. Selain hal tersebut juga mendapat bantuan pembiayaan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk masyarakat yang terdaftar di dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), serta adanya sumber pembiayaan mandiri, baik perorangan maupun oleh badan usaha.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana I Made Budiasa menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rekonsiliasi data bulan Desember 2022, UHC di Kabupaten Jembrana telah mencapai 99,51 persen atau 324.298 jiwa dengan pembiayaan terakhir, khusus untuk PBI Daerah sebesar Rp5,4 milyar satu bulan. Untuk saat ini peserta JKN sudah terintegrasi dengan NIK, sehingga masyarakat yang sudah terdaftar di JKN bisa membawa KTP untuk mendapat layanan kesehatan.

“Kepesertaan kita sudah terintegrasi dengan NIK, walau berobat tidak membawa kartu peserta, hanya dengan KTP/KK sudah bisa dilayani. Kita juga sudah disepakati oleh BPJS Kesehatan, bahwa peserta JKN kelas tiga yang dulunya mandiri, walaupun masih memiliki tunggakan pembayaran, bisa langsung kita alihkan ke Penerima Bantuan Iuran PBI,” jelas Sekda I Made Budiasa.

Sementara, Bupati Tamba meminta kepada Direktur RSU Negara dan Kadis Kesehatan agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan kesehatan milik pemerintah. “Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar mereka mau menggunakan layanan kesehatan khususnya di Puskesmas atau Rumah Sakit Pemerintah,” harap Bupati Tamba.

Di sisi lain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja, Endang Triana Simanjuntak mengatakan bahwa dengan mengikuti UHC, Pemerintah Kabupaten Jembrana memiliki hak istimewa dalam pelayanan kepesertaan JKN. “Di Jembrana mendapat privilage non cut off, artinya semua penduduk Jembrana, yang hari ini sakit dalam waktu 1 x 24 jam bisa menjadi peserta JKN dan langsung bisa dilayani di rumah sakit,” ucap Kepala BPJS Endang Triana Simanjuntak.

Endang Triana Simanjutak menjelaskan bahwa UHC berasal dari seluruh segmen, dan pihaknya berharap agar pemerintah daerah tetap UHC, tetapi dengan anggaran yang semakin lama, semakin sedikit, salah satunya dengan cara mendorong semua DTKS menjadi peserta PBI APBN. Selain hal tersebut juga, pihaknya berharap bersama pimpinan OPD berdasarkan arahan Bupati dan Sekda bagaimana mengejar segmen pekerja-pekerja yang harusnya didaftarkan oleh perusahaannya tetapi masih terdaftar di PBI bisa dikeluarkan, dan memaksa untuk pemberi kerjanya yang mendaftarkan.

“Hakikatnya bagaimana mengeluarkan kebijakan-kebijakan, terutama bagi para pengusaha untuk ikut berkontribusi dalam UHC ini, sehingga Pemkab tidak terbebani 100 persen untuk membiayai semua penduduk,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA