by

Bupati Jembrana Melaksanakan Upacara Melaspas di Sirkuit All In One

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melaksanakan kegiatan upacara melaspas menjelang diresmikannya Sirkuit All In One, yang berlokasi di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Senin (26/12/2022). Upacara melaspas tersebut dipuput (dipimpin) oleh Ida Pandita Mpu Siwa Muni Birudhaksa dari Griya Sakti Madu Kesawa Desa Pergung.

Serangkaian upacara melaspas Sirkuit All in One di Desa Pengambengan tersebut menampilkan sebanyak seribu orang menari Rejang Renteng secara massal. Para penari tersebut dari berbagai organisasi wanita di Kabupaten Jembrana, mulai dari tingkat kabupaten sampai PKK tingkat desa dan kelurahan.

Di sela- sela rangakaian kegiatan upacara melaspas, Bupati Tamba mengatakan bahwa pementasan tari rejang massal tersebut serangkaian kegiatan jelang diresmikannya Sirkuit All in One di Desa Pengambengan. “Melaspas dan mecaru rangkaian dari pada peresmian Sirkuit All In One, dan kita isi dengan Tarian Rejang Renteng sebanyak seribu penari yang diikuti oleh ibu-ibu PKK, Dharma Wanita dan Gerakan Organisasi Wanita Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan bahwa peresmian Sirkuit All In One yang juga dirangkai dengan kegiatan akhir tahun tersebut akan kembali menampilkan tari massal yang melibatkan anak-anak sekolah, kata bupati pementasan tersebut akan melibatkan lebih dari dua ribu penari. “Nanti di tanggal 30 Desember 2022 akan ada 2023 penari, dari anak-anak SMP di Sirkuit All In One untuk menyambut tahun baru 2023 yang diiringi oleh lima puluh Jegog,” jelas Bupati Tamba.

Bupati Tamba menyampaikan bahwa seni budaya akan secara rutin diselenggarakan di Sirkuit All In One, harapannya di tempat tersebut agar menjadi pusat seni budaya dan sebagai objek kunjungan wisata. “Kita minta terus bangkitkan suasana di sini, supaya benar-benar menjadi pusat kunjungan destinasi wisata di Jembrana, ini akan menjadi kalender event, kita juga sudah melihat antusias dari dukungan masyarakat,” pinta Bupati Tamba.

Menindaklanjuti keinginan Bupati Tamba untuk menjadikan Sirkuit All In One sebagai pusat kunjungan wisata, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jembrana, Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan bahwa telah mengambil langkah berkoordinasi dengan para pelaku seni. Pihaknya juga merencanakan akan menggelar berbagai event secara rutin di tempat tersebut.

“Kita telah berdikusi dengan budayawan dan seniman, sebagaimana arahan Bapak Bupati, akan kita buat event regular di sini, apakah mingguan, bulanan atau sebagainya,” jelas Kadis Disparbud Anak Agung Komang Sapta Negara.

Anak Agung Komang Sapta Negara melihat pasca dibukanya Sirkuit All In One tersebut, antusias masyarakat dapat dilihat secara langsung, selain hal tersebut berbagai UMKM juga mulai tumbuh di sekitar area Sirkuit All In One. “Dengan dilaunchingnya Sirkuit All in One ini masyarakat antusias ingin mengetahui apa objek yang ada di sini, ini akan kita jadikan suatu tempat untuk pentas seni budaya baik modern maupun tradisional,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA