by

BPS Jembrana Sampaikan Hasil Rilis Indeks Kebahagiaan 2022 Pada Workshop Desiminasi Hasil SPTK

KOPI, Jembrana – Badan Pusat Statistik Kabupaten Jembrana menyampaikan Hasil Rilis Indeks Kebahagiaan Kabupaten Jembrana tahun 2022, pada workshop desiminasi hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK), bertempat di Ballroom Hotel Jimbarwana, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin (19/12/2022). Pada acara workshop tersebut dihadiri oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Badan pusat statistik melakukan survei indeks kebahagian, hasilnya Jembrana capai angka rata-rata 72,30 pengukuran indeks kebahagiaan berdasarkan pengukuran tiga indikator/dimensi. Diantaranya yaitu:

  1. Indeks dimensi kepuasan hidup 75,73
  2. Indeks dimensi perasaan 66,64
  3. Indeks dimensi makna hidup 73,85.

Direktur Statistik Ketahanan Sosial, Dr. Nurma Midayanti mengungkapkan bahwa angka indeks kebahagiaan Kabupaten Jembrana lebih tinggi dari indeks kebahagiaan Provinsi Bali tahun 2021. “Indeks kebahagiaan Jembrana lebih tinggi dari indeks kebahagiaan Provinsi Bali, tetapi itu berdasarkan pengukuran tahun 2021, ini dipengaruhi oleh bagaimana kondisi yang sedang dihadapi, itu sangat mempengaruhi pengukuraan, maka dari itu kondisi ini memang harus tetap dijaga setiap tahunnya,” ungkap Direktur Statistik Ketahanan Sosial Dr. Nurma Midayanti.

Lanjutnya, Dr. Nurma Midayanti mengatakan bahwa pengukuran dilakukan dari beberapa dimensi, yaitu dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan dan dimensi makna hidup, apabila ingin ditingkatkan lagi, harus dilihat dari dimensi yang paling rendah. “Dari tiga dimensi itu, ada banyak subdimensin yang harus diukur, misalnya dari pendidikan, pekerjaan, waktu luang dan termasuk perasaan terhadap pelayanan publik,” ucap Dr. Nurma Midayanti.

Lebih lanjut, Dr. Nurma Midayanti menerangkan bahwa sebelumnya hanya mengukur di level provinsi saja, tetapi di Jembrana mengadakan survei khusus sendiri, sempel untuk di Kabupaten Jembrana dilakukan survei terhadap 560 rumah tangga sudah dihitung dengan statistik dari angka tersebut sudah dapat mewakili indeks Kabupaten Jembrana. “Anggap saja satu rumah tangga itu ada empat anggota, maka dari 560 rumah tangga sudah ribuan orang jumlahnya, karena pendekatan kita memang kepada rumah tangga,” terang Dr. Nurma Midayanti.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan bahwa fakta hasil perhitungan BPS di lapangan terhadap masyarakat di Kabupaten Jembrana menunjukan angka 72,30 Indeks Kebahagiaan Kabupaten Jembrana. “Dari nilai itu berarti saat ini masyarakat Jembrana sudah menunjukan rasa kebahagiaan,” ujar Bupati Tamba.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa menilai sebuah kebahagian tersebut sangat majemuk, dilihat dari pengertian yang sangat luas, kebahagiaan bukan sebuah ukuran yang kuantitatif. “Ada beberapa indikator yang saya rasa menyebabkan indeks kebahagiaan Jembrana mencapai target, misalkan, pertama kita telah terlepas dari pandemi covid, kedua gerakan kemajuan potensi Jembrana yang digarap telah kita mulai,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengungkapkan bahwa hasil tesebut sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Jembrana yaitu, untuk membangun dan menciptakan masyarakan Jembrana Bahagia. “Kita selalu berusaha membangun, makna kebahagiaan yang sebenarnya yaitu,
salam bahagia bukan hanya menjadi sebuah slogan, hari ini kita buktikan bahwa target dari indeks masayarakat Jembrana bahagia telah tercapai,” ungkap Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan bahwa Jembrana yang pertama kalinya mengihitung indeks kebahagiaan, bupati berkomitmen untuk meningkatkan indeks kebahagiaan serta mengajak masyarakat untuk tetap berupaya membangun Jembrana melalui hal-hal positif. “Ini yang pertama dilakukan survei indeks kebahagiaan di Jembrana, target ini akan terus kita tingkatkan setiap tahunnya, dengan meningkatkan pembangunan yang memang dibutuhkan masyarakat yang mayoritas petani dan nelayan,” imbuhnya.

Karena itu Bupati Tamba mengajak masyarakat Jembrana agar menghindari hal-hal negatif seperti rasa dengki dan benci. “Mari kita membangun Jembrana ini menjadi maju, sejahtera dan bahagia,” ajak Bupati Tamba.

Turut Hadir di acara tersebut Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya, S.Si.,M.Si., Kepala BPS Denpasar, Kepala BPS Badung, Kepala BPS Jembrana, Sektetaris Daerah Kabupaten Jembrana, Waka Polres Jembrana, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana, Pasi Intel Kodim 1617/Jembrana dan para Camat se-Kabupaten Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA