by

BNNK Gayo Lues Gelar Pers Release Rangkaian Kegiatan di Tahun 2022

KOPI, Gayo Lues – Akhir Desember Tahun 2022, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues menggelar pers release terkait rangkaian kegiatan BNNK Gayo Lues yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022, bertempat di Aula BNNK setempat, Kamis (22/12/22). Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman menyampaikan, bahwa sejak Januari hingga Desember tahun 2022 BNNK Gayo Lues telah melakukan penyelesaian permasalahan Narkotika secara komprehensif dan berkesinambungan.

“BNNK Gayo Lues dalam hal ini P2M telah melakukan upaya pencegahan secara masif bersama seluruh Komponen masyarakat mulai dari Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta para orang tua,” jelasnya.

Lanjutnya, BNNK Gayo Lues tak henti-hentinya melakukan kegiatan pencegahan serta memberikan sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya Narkoba di kalangan mahasiswa, pelajar, kelompok masyarakat, lingkungan masyarakat/Kampung, instansi swasta, dan instansi Pemerintah. Sedangkan pada kegiatan Advokasi, BNNK Gayo Lues memfokuskan kegiatan pada penyebarluasan informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan kebijakan BNN di bidang P4GN.

Kepala BNNK Gayo Lues juga melaporkan, pada tahun 2022 BNNK mempunyai pegiat 110 orang yang terdiri dari 20 orang pegiat di lingkungan pendidikan, 20 orang dari lingkungan masyarakat, 20 orang dari lingkungan dunia usaha/swasta, 20 orang dari lingkungan pemerintah, dan 30 orang dari pengembangan kapasitas P4GN pada Lembaga Adat dan Komunikasi Berbasis Kreatif lokal.

Dia menyebutkan, ada beberapa Desa di Gayo Lues yang sudah menjadi “Desa Bersinar” yang telah dilaksanakan programnya di tahun 2022 di antaranya: Desa Singah Mule, Life Skil Pengolahan Keripik; Desa Agusen, pembuatan kopi instan; Desa Penosan Sepakat, pembuatan pakan ternak; Desa Rerebe, pembuatan pakan ikan; dan Desa Kutapanjang, budidaya ikan jurung.

Selain itu, katanya, tahun ini BNNK juga melakukan rehabilitasi korban pecandu Narkoba di Klinik Pratama BANK Gayo Lues lebih kurang 22 orang, dan tiga orang saat ini perawatannya dirawat inap dan dirujuk ke Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKPM) Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh.

Selanjutnya, dari hasil pemetaan jaringan daerah rawan Narkoba di wilayah Gayo Lues tahun 2022 di antaranya, Kecamatan Blangkejeren, Desa Kita Blangkejeren, Desa Kutalintang, Desa Bukit, Desa Penampaan, Desa Bacang, Desa Durin, Desa Kampung Jawa, Desa Gele, Desa Agusen, Desa Ujung Dah, dan Desa Penggalangan; Kecamatan Kutapanjang, terdiri dari Desa Kotapanjang dan Rema Baru (Aih Kurik).

Selanjutnya Kecamatan Terangun, Desa Reje Pundung dan Dusun Sara Sepakat; Kecamatan Rikit Gaib,Desa Ampa Kolak dan Dusun Sara Sepakat; Kecamatan Blangpegayon, Desa Akang Siwah, dan Desa Gantung Geluni; Kecamatan Pining, Desa Pining, Desa Pasir Putih, dan Desa Pepelah; Kecamatan Dabun Gelang, Desa Badak; Kecamatan Blangjerango, Desa Penosan; Kecamatan Tripe Jaya, Desa Rerebe; Kecamatan Pantan Cuaca, Desa Suri Musara, Desa Gudang dan Desa Kenyaran; Kecamatan Putri Betung, Desa Singah Mulo, Desa Gumpang, Desa Pintu Rime, dan Desa Meloak.

Ia menambahkan, saat ini bantuan dalam Program GDAD dari Dinas Pertanian Gayo Lues membantu bibit kopi sebanyak 4000 batang, PT. Ujang Jaya sebanyak 6000 batang, hingga kini BNNK berhasil membangun kemitraan dengan dunia swasta dan pemerintah terkait ekspor Kopi ke Starbuck melalui PT. Ujang Jaya Internasional. (Mus)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA