by

6 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

KOPI, Jakarta – Ada banyak cara memulai bisnis online yang bisa kamu jalankan. Beberapa cara tersebut, juga bisa dianggap sebagai langkah-langkah dari awal hingga bisnis online yang kamu miliki, bisa berjalan lancar. 

Walaupun terbilang rumit, tapi masih bisa dipelajari. Alasan kerumitannya tentu dari langkah-langkah yang terbilang panjang. Jadi, kalau mau bisnis online itu, bukan langsung jualan saja. 

Melainkan ada beberapa langkah yang perlu kamu lalui ketika ingin membuka bisnis online. Apalagi kalau kamu memang seseorang yang memulai bisnis online mulai dari nol. Mungkin langkah-langkahnya akan dianggap cukup rumit. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memulai bisnis online, kami sudah merangkum beberapa tahapan yang harus dilakukan secara berurutan. Berikut ini penjelasannya. 

Cara Memulai Bisnis Online

Walaupun sudah disediakan cara memulai bisnis online yang berurutan, kamu tentu tidak boleh kehilangan fleksibilitas dalam melakukannya. Mungkin, ada beberapa cara yang bisa kamu tambahkan sendiri untuk meningkatkan hasilnya:

1. Identifikasi Kebutuhan Pasar

Hal yang kamu butuhkan pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan pasar. Kebutuhan tersebut bisa berupa masalah, keluhan, atau kritik terhadap beberapa produk yang telah masuk ke dalam pasar lebih dulu. 

Pengidentifikasian kebutuhan pasar, sangat berguna bagi keberlangsungan bisnis online milikmu. Bahkan menurut penelitian, banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan gara-gara tidak mengidentifikasi kebutuhan pasar lebih dulu. 

Kamu hanya perlu berpikiran begini, bahwa ketika konsumen membeli produkmu, maka masalah yang mereka alami bisa terselesaikan. Jadi, hal pertama yang perlu dipertanyakan, apakah produkmu memang dibutuhkan pasar dan bisa menyelesaikan masalah yang dialami konsumen? 

Setelah melakukan identifikasi, cara memulai bisnis online di tahap ini, bisa dilakukan dengan memiliki beragam masalah yang punya potensi bisnis. Tentu, tak semua masalah pasar atau pelanggan bisa jadi bisnis semua. 

Katakanlah, masalah pribadi seperti rumah tangga dari pelanggan. Tentu masalah rumah tangga tidak punya potensi untuk dijadikan bisnis. 

2. Riset Pasar

Salah satu cara memulai bisnis online terbaik yang dapat dilakukan, tentu saja dengan melakukan riset pasar. Riset tersebut dilakukan agar kamu bisa mendapatkan data objektif. 

Dengan begitu, informasi yang kamu dapatkan, bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membuat keputusan. Kamu bisa melakukan riset dengan berbagai macam cara seperti: 

  • Mencari produk ataupun jasa yang kini sedang tren di masyarakat.
  • Menggunakan sosial media.
  • Bergabung ke dalam forum yang sering membahas produk. 
  • Membuat survei untuk mendapatkan saran dari calon pelanggan atau konsumen. 
3. Menentukan Target Pasar

Setelah melakukan beragam survei dan riset, langkah selanjutnya kamu harus menentukan dulu target pasar yang akan dituju. Kamu bisa membuat rincian target pasar secara demografi dan psikografi. 

Jika ingin mengklasifikasinya, berikut ini rinciannya: 

  • Demografi: umur, lokasi, pendapatan, gender, status kawin, tingkat pendidikan, pekerjaan. 
  • Psikografi: hobi, ketertarikan, minat, dan nilai-nilai yang dianut

Dalam tahap ini, kamu memang harus memperkirakan siapa yang nanti akan menjadi konsumen. Kamu bisa menggunakan sejumlah data yang ada pada langkah sebelumnya jika ingin menentukan karakteristik umum dari konsumen yang disasar. 

4. Pilih Produk

Ketika kamu selesai melakukan cara memulai bisnis online kedua, maka langkah selanjutnya bisa langsung menentukan produk apa yang akan dijual. Mungkin, tidak seperti memulai bisnis secara offline, produk yang dijual, mungkin bisa saja berbeda. 

Kira-kira, apa saja produk yang menurutmu cocok untuk dijual secara online? Pertanyaan ini, hanya bisa kamu jawab saat telah menyelesaikan riset pasar dan juga menentukan siapa target pasar yang kamu tuju. 

Selain itu, produk yang dipilih, juga harus sesuai dengan kebutuhan atau produk yang dapat mengatasi masalah yang sedang dialami pelanggan maupun konsumen. Jika belum tahu apa saja produknya, ada dua jenis produk yang bisa dijual: 

  • Produk fisik: handphone, snack, furniture, alat kesehatan, dan lainnya. 
  • Produk digital: ebook, software, ilustrasi, gambar, desain, dan lainnya. 
  • Jasa: booking hotel, pesan tiket, kirim barang, online marketing, dan lainnya. 

Apa saja produk yang nantinya kamu pilih, tetap harus memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan dengan kompetitor yang sudah ada lebih dulu di pasaran. Intinya, harus punya unikum tersendiri agar menarik perhatian pelanggan. 

5. Pilih Model Bisnis

Pilihan model bisnis, juga jadi langkah yang terbilang penting saat ingin membuka bisnis online. Model bisnis ini, harus ditentukan karena tidak setiap orang memiliki titik awal yang sama. 

Misalnya saja, orang dengan modal berlimpah, bisa langsung beli stok produk yang banyak lengkap beserta gudangnya. Orang dengan modal seadanya, tentu ketar-ketir saat disuruh mengikuti metode si modal berlimpah. 

Maka dari itu, model bisnis sangat perlu dipertimbangkan jika ingin memulai bisnis online. Misalnya, kamu pilih model bisnis reselling atau dropshipping. Jika memang bisa memproduksi sendiri, tentu lebih baik karena modal yang dibutuhkan bisa lebih sedikit. 

Contohnya, barang-barang kerajinan. Kamu memang tidak bisa membelinya dari orang lain, tapi memang lebih baik memproduksinya sendiri. Kamu pun bisa membuat kerajinan sesuai dengan keterampilanmu. 

6. Promosi

Tentu saja, cara lain yang tidak boleh dilupakan adalah promosi. Sepertinya, sekarang sudah ada banyak tools untuk melakukan promosi yang bisa digunakan. Bisa SEO, SEM, bahkan sampai Ads yang disediakan berbagai platform media sosial. 

Kalau produkmu dijual lewat website, maka pakai SEM, SEO, Google Bisnisku, dan juga Ads Google. Kalau lewat media sosial, kamu bisa menggunakan konten promosi, Ads media sosial, copywriting, dan lainnya. 

Penutup

Dengan adanya cara memulai bisnis online di atas, kini kamu sudah tahu bagaimana langkah-langkahnya. Namun, opsi langkah tambahan juga masih terbuka karena kondisi setiap orang ketika ingin memulai bisnis online, bisa berbeda-beda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA