by

Wabup Jembrana Terima Rombongan Napak Tilas Pataka Panji Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menerima Rombongan Napak Tilas Pembawa Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai telah tiba di Jembrana, bertempat di Lapangan Umum Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana Bali, Jum’at (11/11/2022). Di acara penerimaan tersebut Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna sekaligus sebagai inspektur upacara.

Pada apel penerimaan Pataka tersebut turut dihadiri oleh para Veteran se-Kabupaten Jembrana dengan peserta Anggota KORPRI, Organisasi Kepemudaan, PGRI, Pramuka serta para pelajar SLTA di Kecamatan Mendoyo.

Upacara tersebut diawali dengan pembacaan surat Kapten JBT Konig dan Pimpinan Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan acara serah terima ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima oleh Wabup Jembrana dan masing-masing pemimpin pasukan inti pembawa panji dan surat sakti, usai upacara, Wabup Jembrana, selanjutnya melepas panji-panji dan surat sakti di Lapangan Umum Desa Pergung kemudian diarak keliling Kabupaten Jembrana.

Saat ditemui media Pewarta Indonesia usai apel Wabup Patriana Krisna mengatakan bahwa semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan. Utamanya pahlawan I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat menjadi inspirasi para generasi muda.

“Untuk mengenang perjalanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai, oleh karena itu semangat juang para pahlawan hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa dengan malaksanakan napak tilas mengunjungi monumen-monumen para pahlawan di masing-masing daerah,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Wabup Patriana Krisna berpesan kepada generasi muda untuk berpartisipasi berjuang membangun bangsa sesuai amanat para pahlawan. “Saya berharap generasi muda selalu mengenang jasa para pahlawan, kemudian berjuang untuk bangsa ini sesuai dengan kondisi sekarang. Untuk itu pemuda harus kuat sesuai dengan pesan para pahlawan jangan pernah menyerah untuk bersama- sama berjuang bahu-membahu mengisi kemerdekaan dengan turut serta melakukan pembangunan di segala bidang,” harap Bupati Tamba.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, AP.,M.Si. menjelaskan bahwa hari ini dilaksanakan upacara serah terima panji-panji dan surat sakti dari provinsi kepada Kabupaten Jembrana. Kemudian dilaksanakan kirab napak tilas untuk melakukan penghormatan di beberapa monumen dan tugu pahlawan di Kabupaten Jembrana.

“Ada beberapa monumen dan tugu pahlawan yang akan dikunjungi, kemudian malam nanti pemutaran film perjuangan I Gusti Ngurah Rai di Taman Sangkur besok 12 Nopember 2022. Kemudian rombongan bergerak menuju Tugu Perjuangan Candikusuma, Monumen Lintas Laut Gilimanuk kemudian menuju Lapangan Seririt Kabupaten Buleleng untuk lakukan serah terima dengan Kabupaten Buleleng, dan dilanjutkan ke kabupaten lain, sampai nanti berakhir di Tabanan,” jelas Kadis Dikpora I Gusti Putu Anom Saputra. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA