by

Kembali Salurkan 51,68 Ton Beras CBP, Bupati Jembrana: Saya Harap Agar Dimanfaatkan dengan Baik

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah kembali menyalurkan bantuan beras kepada para warga yang terdampak banjir di Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu (2/11/2022). Bantuan tersebut sebanyak 51,68 ton bantuan Beras Cadangan Pemerintah (CBP) disalurkan Bupati Tamba secara simbolis di beberapa Desa/Kelurahan.

Bupati Tamba mengatakan bahwa pihaknya sudah semaksimal mungkin melaksanakan penanganan pasca bencana, terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasar untuk para warganya. “Saya bersama Wakil Bupati sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan pasca bencana banjir.

“Oleh karena itu untuk Bapak Ibu ketahui bahwa ada delapan belas desa di Jembrana yang terdampak bencana, bukan hanya di Desa Penyaringan saja tetapi di Kecamatan Melaya dan Negara juga mengalami dampak yang sama akibat bencana banjir bandang. Dalam pembagian dan pemberian bantuan juga sama di sini, begitupun di daerah yang lain memperoleh hak yang sama,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengungkapkan tentang warga yang rumahnya rusak akibat diterjang banjir, Bupati Jembrana I Nengah Tamba telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali. “Untuk semeton yang rumahnya sudah tidak layak huni, saya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, mohon untuk bersabar.”

“Astungkara (mudah-mudahan) Tim Pemerintah Provinsi akan datang ke Jembrana, hal tersebut akan disampaikan lebih lanjut, bagaimana pemberian bantuan kepada Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya memang sudah tidak layak huni,” ungkap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menerangkan bahwa Gubernur Bali telah menyetujui relokasi warga yang rumahnya rusak ke lahan milik Pemerintah Provinsi Bali yang ada di Kelurahan Tegalcangkring dan Desa Penyaringan. “Untuk diketahui bahwa Bapak Gubernur sudah setuju memanfaatkan tanah provinsi yang ada di Desa Penyaringan dan Kelurahan Tegalcangkring untuk lahan relokasi.”

“Terkait hal tersebut untuk lahannya sudah ada, hanya saja kendalanya anggaran untuk membangun rumah yang masih dimohonkan, untuk itu kami mohon bantuan kepada Pemerintah Pusat,” terang Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan bahwa atas bantuan yang telah disalurkan, bupati berharap dapat dimanfaatkan semaksimalnya oleh warga. “Saya harap agar dimanfaatkan dengan baik bantuan-bantuan tersebut yang telah diterima, dan hari ini kembali didstribusikan, dan bantuan ini merupakan bantuan dari Kementerian sosial,” harap Bupati Tamba.

Sementara, Kadis Sosial Kabupaten Jembrana, Dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata menjelaskan bahwa bantuan CBP yang disalurkan tersebut, menggunakan perhitungan 400 gram/jiwa/hari dengan jumlah hari, sesuai dengan masa tanggap darurat yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati. “Beras CBP mulai kita bagikan hari ini kepada penerima manfaat yang telah kita usulkan ke Bulog.”

“Data sementara sampai saat ini sebanyak 9.229 jiwa dari 2.953 KK, sesuai Permensos, beras CBP tersebut diberikan kepada perorangan korban bencana, dan jumlah beras yang sudah diterima sebanyak 400 gram perhari. Karena Surat Keputusan (SK) Kedaruratan sebelumnya 14 hari, maka kita kalikan 14 hari, jadi total kita mendapatkan sebanyak 51 ton, 682,4 kilogram,” jelas Kadis Sosial Dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata.

Kadi Sosial Dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata menambahkan bahwa kuota CBP Kabupaten pertahunnya adalah sebanyak 100 ton, sehingga dari total CBP yang diminta Pemerintah Kabupaten Jembrana, masih ada sisa kuota yang dapat dimanfaatkan untuk membantu warga. “Setahun untuk penanganan bencana kuota beras CBP kita sebanyak 100 ton, sehingga masih ada sisa sebanyak 48 ton lebih yang masih bisa kita usulkan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA