by

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G dengan Firmware SM-G991U

KOPI, Jakarta – Semua produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk Samsung Galaxy S21 5G. Sebelumnya, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini berhasil menarik hati konsumen dengan produk Galaxy S20 nya. Apakah kali ini lebih unggul? Simak penjelasan lengkapnya.

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa HP terbaru Samsung yang dirilis 2021 ini menggunakan model firmware SM-G991U. Model ini sudah tersemat di dalam perangkat, namun kamu bisa mendapatkannya Samsung official firmware download jika ingin update.

Sedikit membahas mengenai spesifikasi, Galaxy S21 5G dibekali layar Dynamic AMOLED 2x dan chipset Exynos 2100 (5 nm) untuk kawasan internasional. Kinerjanya diperkuat dengan GPU Mali-G78 MP14 dan RAM cukup besar, yakni 8GB.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 5G

Kita bahas terlebih dahulu kelebihan apa saja yang dimiliki HP yang di banderol dengan harga sekitar 13 juta hingga 15 juta rupiah ini. Dengan harga yang mahal, pastinya ada banyak keunggulan yang dimiliki.

Teknologi Layar Canggih

Tidak dapat di pungkiri bahwa kelebihan yang paling utama adalah dari segi teknologi layar. HP ini dibekali layar berteknologi Dynamic AMOLED 2X. Selain itu, refresh rate mencapai 120Hz yang menjamin semua aplikasi berjalan lancar.

Kamera Berkualitas

Kelebihan selanjutnya dari segi kamera, Samsung Galaxy S21 5G dibekali tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut adalah kamera wide resolusi 12MP, kamera telephoto 64MP, dan kamera ultrawide 12MP yang hasilnya dijamin super jernih dan detail.

Bodi yang Compact

Dibandingkan dengan seri lain yang dirilis bersamaan, yakni Seri Plus dan Ultra, HP ini lebih simpel perihal desain nya. Memang minim fitur, namun justru hal tersebut menjadi kelebihannya karena bodi dan desain terlihat elegan.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan yang mengikuti. Ini juga berlaku bagi seri Galaxy yang menjadi flagship Samsung ini. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kekurangan Samsung Galaxy S21 5G yang perlu kamu ketahui!

Platform Tidak Terbaru

Ketika pertama kali dirilis, HP ini masih dibekali Android 11. Padahal waktu itu sudah ada versi 12 dan tidak lama lagi versi 13. Namun jangan khawatir, kamu bisa upgrade ke versi terbaru. Silahkan download firmware nya di https://galaxyfirmware.com/model/SM-G991U/.

Layar Kecil

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, kali ini tergolong memiliki layar yang tidak terlalu besar. HP ini hanya memiliki ukuran layar 6.2 inches, sedangkan produk terbaru kebanyakan dibekali layar diatas 6.5 inches.

Fast Charging Kurang Cepat

Meski dibekali fitur fast charging, namun kecepatannya masih kalah jauh dibandingkan produk sekelasnya. Perangkat ini hanya dibekali pengisian cepat 25W, sedangkan produk lain dengan harga yang sama minimal 45W.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 5G. HP ini memiliki model firmware SM-G991U yang mumpuni dan dapat diandalkan. Namun mengingat harganya lumayan mahal, silahkan pertimbangkan terlebih dahulu spec yang dimiliki.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA