by

Jelang Desember Suci, TNI Kembali Pusatkan Program Borong Hasil Bumi, Buat Warga Berseri

KOPI, Intan Jaya – Hampir sebulan prajurit TNI AD dari Satgas YPR 305 Tengkorak Kostrad menjalankan program Borong Hasil Bumi secara tersebar. Kegiatan yang biasanya dipusatkan di Posramil Mamba, dengan sasaran warga masyarakat yang membawa hasil bumi dari Hitadipa, Titigi, Dugusiga, Eknemba dan juga Mamba, disebar ke tiap-tiap Posramil.

Harapannya, masyarakat dari kampung-kampung yang pada hari pasar melewati Pos, dapat merasakan salah satu program unggulan para Ksatria Tengkorak selama bertugas di Intan Jaya, Jumat (25/11/22). Kali ini, Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila menjadikan Pos Kodim Persiapan (Pos Koper) sebagai lokasi pusat kegiatan.

Nampak Mama-mama yang telah jauh berjalan dari kampungnya, sangat gembira ketika para prajurit Kostrad dari Karawang ini mempersilahkan mereka masuk ke halaman Pos dan menggelar semua bawaannya. Apalagi, sebelum sampai depan Pos Koper, mereka harus berjalan menanjak. Jum’at ini, bukan hanya sekedar berhenti melepas lelah. Namun mereka ketiban rejeki karena barang bawaannya diborong habis oleh para Prajuritit Kostrad.

“Jangan kebanyakan tawar. Kita bukan beli kemudian jual. Ini sudah mau Desember. Masyarakat butuh biaya lebih dari sebelumnya, karena banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi. Kita berada di daerah yang bagi mereka, Desember itu sangat suci. Bukan hanya pada hari Raya Natal, tapi terhitung sejak awal Desember. Habiskan saja uangnya, yang penting mereka senang,” ucap Raja Aibon Kogila kepada Lettu Inf Bima dan beberapa prajurit Pos Koper sebelum menghampiri Mama-mama, sambil menyerahkan uang sepuluh juta rupiah.

Pada awalnya, setelah menggelar barang bawaan, beberapa Mama-mama menunjukkan wajah keraguan. Maklum, Program Borong Hasil Bumi secara terpusat ini hampir satu bulan tidak dilaksanakan. Beberapa diantara mereka yang memperhatikan kalung anggrek emas berliontin gigi babi di leher Raja Aibon, saling berbicara satu sama lain. Keraguan pun hilang setelah para prajurit menyebar, memborong bawaan mereka. Pisang, ubi, kacang tanah, kedelai, kol dan banyak lagi yang lain habis diborong oleh Letnan Bima, Letnan Edward dan para prajurit lainnya. Beberapa prajurit yang tidak ikut memborong, membagikan gula-gula. Semua kebagian, dari Mama-mama hingga anak-anak.

Ibarat kata pepatah, “Jika sudah rejeki, tak akan kemana”. Mungkin itulah yang dirasakan oleh Mama-mama dan juga anak-anak yang hasil jerih payahnya habis terjual. Saling bersalaman, ucapan terima kasih, Amakanie, terdengar berulang-ulang. Sekitar satu jam lamanya para Ksatria Tengkorak bersama warga saling bertegur sapa, sembari menghidupkan suasana. Ceria.

Sungguh keceriaan itu terpancar dari wajah mereka, baik para prajurit, Mama-mama maupun anak-anak. Setelah Mama-mama dan anak-anak meninggalkan halaman Pos Koper menuju pasar Sugapa untuk belanja kebutuhan dapur, Bima kemudian mengatur anak buahnya untuk membagi hasil belanjaan. “Kami sedang proses pembagian sayur yang tadi kami beli dari masyarakat. Kami borong, setelah itu kami bagi rata, untuk setiap Pos di wilayah Sugapa komplek. Kami bagi rata agar tiap-tiap Pos menikmati hasil bumi dari masyarakat Intan Jaya, Papua,” jelas Letnan Bima saat mendampingi para prajurit membagi hasil borongan.

Digencarkannya lagi Program Borong Hasil Bumi oleh Raja Aibon Kogila didasarkan pada informasi tentang banyaknya kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Natal. Kondisi seperti ini terjadi setiap tahun. Jika kaum perempuan dan anak-anak berusaha mendapatkan uang dengan berjualan, kaum laki-laki berangkat ke hutan. Ada yang mencari kayu untuk dijual, ada juga yang membuka lahan dan bercocok tanam, demi mendapatkan upah kerja. Uang yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan tersebut, sebagian dikumpulkan bersama jemaat Gereja lainnya untuk kebutuhan Natal, sisanya untuk keperluan sehari-hari.

“Pagi ini, hari Jumat tanggal 25, kita lanjut lagi program Borong Hasil Bumi. Menjelang bulan Desember ini, masyarakat memang banyak memerlukan biaya, karena mereka akan menyambut bulan suci, bulan Natal. Kebutuhan akan uang di bulan 11 itu sangat besar. Beberapa minggu ke belakang sempat terhenti, sekarang kita lanjut lagi, dengan harapan barang-barangnya kita borong seluruhnya. Setelah barangnya habis diborong, mereka akan jalan kosongan, menuju ke pasar, untuk belanja kebutuhan rumah mereka. Mohon doanya, agar apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat semuanya. Harapannya, keberadaan kita disini dapat membantu, memperlancar perputaran perekonomian. Jika hasil bumi mereka dapat terjual, mereka bercocok tanam juga bersemangat,” ucap Raja Aibon Kogila.

Semoga para prajurit TNI yang bertugas di Papua, terus dapat melanjutkan program ini. Meskipun baru dua bulan, upaya-upaya yang dilakukan para Prajurit Kostrad di Intan Jaya ini telah mencuri perhatian masyarakat. Kebaikan, keramahan, kerja keras hingga berbagai perubahan yang dilakukan, meskipun dengan segala keterbatasan, telah menjadikan pasukan Raja Aibon Kogila semakin dicintai masyarakat Intan Jaya. (DJ/Penerangan YPR 305)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA