by

Jaga Kondusifitas! Polres Metro Jakarta Selatan Lantik Pengurus Pokdarkamtibmas

KOPI, Jakarta – Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, S.H., S.I.K., M.H. didampingi Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya Prof. Dr. Ir. H. Djoko Setyo Widodo, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas), bertempat di Lantai 4 Aula Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (10/11/22) Siang Ini. Pokdarkamtibmas merupakan kelompok masyarakat yang peduli akan ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat.

Selain itu, Pokdarkamtibmas adalah mitra dari instansi Kepolisian. Agar kemitraan lebih erat, maka acara pelantikan dan pengukuhan Pokdarkamtibmas masa bakti 2022-2026 dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan yang diwakili Mayor Lucky, Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Arif Budiyanto, S.H., S.I.K., M.Si., dan para Pejabat Utama Polres Metro Jakarta Selatan, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang diwakili Didi, Ketua Pokdarkamtibmas Nasional H. Agenanda Djatmika, Para Kapolsek se-Jakarta Selatan, didampingi Kanit Binmas serta Ketua Sektor Pokdarkamtibmas Se-Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Kapolres Metro Jakarta Selatan mengucapkan selamat atas pengukuhan Pokdarkamtibmas Resor Jakarta Selatan, yang merupakan mitra kepolisian bertugas untuk membantu menciptakan situasi yang aman dan tertib di lingkungan masyarakat.

“Dengan terbentuknya Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas), ini bisa membantu Polri dalam mengingatkan dan mengajak masyarakat lainnya, makin banyak masyarakat yang mengajak masyarakat lain untuk mengajak berbuat positif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang tentunya ini akan berpengaruh kepada situasi wilayah khususnya Jakarta Selatan dan hal ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan Pokdarkamtibmas, bukan kepentingan Polri/TNI maupun pemerintah tapi kepentingan kita bersama seluruh warga Jakarta Selatan,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Ketua Pokdarkamtibmas Nasional, berpesan kepada ketua dan pengurus yang telah dilantik untuk tetap menjaga amanah dalam membantu tugas polri. “Ketua Pokdarkamtibmas maupun para pengurus yang hari ini dilantik dan dikukuhkan bisa amanah dan membantu serta saling sinergi yang baik pada jajaran di masing-masing wilayah, jelang Natal dan Tahun Baru, Pokdarkamtibmas diharapkan aktif dalam membantu Polri untuk menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah, dengan kepengurusan yang baru dapat lebih maksimal lagi,” jelasnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya menerangkan, bahwa Polri telah membentuk kelompok sadar Kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri tentang pengukuhan dan pembinaan kelompok sadar Kamtibmas dengan visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan mencegah tangkal gangguan Kamtibmas dengan hadir di tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas, membangun komunikasi dengan efektif dengan masyarakat kelompok atau komunitas, membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memilihara situasi kamtibmas dan partisipasi masyarakat dalam menumbuhkembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

“Tentunya sangatlah diharapkan untuk membantu kepolisian dalam menjalankan Kamtibmas dan membantu program-program kegiatan pemerintah ataupun Polri untuk bisa menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif,” terangnya.

Lanjutnya, kita harus menjaga organisasi dengan kata dan perbuatan dan jangan sampai menodai organisasi dimana kegiatan kita adalah sosial. Alhamdulillah anggota Pokdar tidak ada yang terkibat kriminal, itu artinya kami sangat menjaga sebagai mitra Polri, makanya Anggota Pokdar ada dimana saja dan dari kalangan apa saja.

“Kita jaga nama baik Pokdarkamtibmas, dengan slogan Pokdarkamtibmas, Jaya di Darat, Jaya di Udara,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas Metro Jakarta Selatan H.Deden Suparman, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran yang telah mewujudkan acara pelantikan ini dan sangat diharapkan bantuan serta bimbingannya kepada anggota Pokdarkamtibmas jakarta Selatan, agar bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA