by

Hari Pohon Internasional CSR AOP Rehabilitasi Hutan Sanggabuana

KOPI, Karawang – Bertepatan dengan Hari Pohon Internasional yang jatuh pada Senin, 21 November 2022 kelompok CSR (Corporate Social Responsibility) Astra Otopart (AOP) Karawang yang terdiri dari 12 perusahaan membantu rehabilitasi hutan Pegunungan Sanggabuana, Karawang Jawa Barat.

Rehabilitasi hutan di Pegunungan Sanggabuana ini dilakukan CSR AOP bersama dengan Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) yang sedang melakukan kajian dan pendataan biodiversity Pegunungan Sanggabuana dalam rangka usulan perubahan status kawasan Pegunungan Sanggabuana menjadi Taman Nasional.

Daryono, Ketua Tim AOP Regional Karawang pada saat penanaman di sekitar Dindingari, salah satu bukit di kawasan Sanggabuana, di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang mengatakan bahwa penanaman pohon kali ini yang bertepatan dengan Hari Pohon Internasional sengaja dilakukan di blok Dindingari yang sebelumnya terdapat beberapa area longsoran.“Itu dibawah ada warga di sekitar situ, jadi sengaja kita tanam tanaman kehutanan disini untuk mencegah longsor. Kita kembalikan lagi fungsi hutan dengan banyak tanaman untuk mengikat tanah, sekaligus memperbaiki tata air, juga sebagai suplai makanan alami untuk satwa penghuni Pegunungan Sanggabuana.” Terang Daryono.

Daryono menjelaskan bahwa penanaman tanaman kehutanan oleh Tim AOP ini tidak hanya sekedar menanam tetapi juga dilakukan perawatan selama 6 bulan kedepan sampai tanaman bisa survive. “Kalau hanya menanam tanpa dirawat, akan menjadi mubazir dan ini akan sia sia, jadi kita menanam bukan fokus pada jumlah tetapi juga melakukan perawatan sampai 6 bulan kedepan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Tanaman yang ditanam pun jenisnya juga berdasarkan referensi dari kajian SCF berupa tanaman-tanaman yang memberikan manfaat untuk ekosistem hutan dan bukan tanaman infasif.” Papar Daryono.

Lebih lanjut Daryono juga mendukung dengan konsep usulan dari SCF yang menjadikan kawasan hutan Pegunungan Sanggabuana sebagai kawasan konservasi berupa Taman Nasional. “Goalnya dari teman-teman SCF kan Sanggabuana akan menjadi Taman Nasional, mudah mudahan segera tercapai, dan tentu saja kami akan suport. Ini sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.” Tutup Daryono.

Solihin Fu’adi, Direktur Eksekutif SCF pada kesempatan yang sama menuturkan bahwa SCF menyambut baik program dari Tim CSR AOP Regional Karawang pada Hari Pohon Internasional ini.

“Perusahaan-perusahaan besar seperti Astra Otopart di Karawang mulai memperhatikan kawasan Karawang Selatan, terutama Pegunungan Sanggabuana sebagai satu satunya dataran tinggi dan hutan di Kabupaten Karawang. Ini langkah nyata yang sebaiknya mulai diikuti oleh Corporate lain. Sebab Sanggabuana menyumbang jutaan kubik air bersih, oksigen dan banyak memberikan kehidupan buat masyarakat di sekitarnya.” Jelas Kang Inong, Solihin Fu’adi biasa dipanggil.

Kang Inong juga menjelaskan bahwa Tim CSR AOP tidak hanya menanam pohon saja, tetapi juga berkomitmen untuk melakukan perawatan selama 6 bulan kedepan dengan melibatkan masyarakat. “Ini pola yang baik. Hutan terjaga dan manfaat hutan untuk isi hutan dan manusia dikembalikan, serta ada keterlibatan masyarakat setempat. Kami memang memberikan opsi dari pada nanam pohon ribuan lalu ditinggal, mending nanam sedikit tetapi dirawat tiap bulan,” tutup Kang Inong (*dw)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA