by

Hadiri Panen Raya Digital, Bupati Jembrana: Teknologi Ini Dapat Tingkatkan Pendapatan dan Penghasilan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri penyelenggaraan Panen Raya Digital 4.0, bertempat di Lapangan Sepak bola SD Negeri 4 Lelateng, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Kamis (10/11/2022). Penyelenggaraan panen raya digital tersebut merupakan tekhnologi dalam bentuk Aplikasi bernama ‘Jala’.

Sebagai bentuk pemanfaatan teknologi digital untuk kesejahteraan petambak Indonesia khususnya di Kabupaten Jembrana. Terkait hal tersebut Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan sebuah terobosan dengan mengimplementasikan teknologi digital yang memudahkan para petambak udang vaname dalam proses produksi pemeliharaannya. Untuk Di Kabupaten Jembrana sendiri sebagai percontohan telah diterapkan, alhasil dari penerapan teknologi tersebut sukses menghasilkan udang vaname dalam panen raya perdananya.

Panen raya perdana tersebut dihadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim dan Logistik, Wijayanto, Kepala Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan Karang Asem Bali, Wendy Tri Prabowo, Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana, I Ketut Wardana Naya, CEO JALA Tech, Liris Maduningtyas serta para petambak khususnya udang vaname se- Kabupaten Jembrana,

Secara daring, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan bahwa penerapan teknologi bagi para petambak udang vaname tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan produk perikanan yang unggul. ”Kami sangat berharap program ini mampu mendorong pertumbuhan produktivitas sektor perikanan dalam upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para petambak,” harap Direktur Jenderal Aplikasi Imformatika Semuel Abrijani Pangerapan.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyambut baik dipilihnya Kabupaten Jembrana sebagai tempat implementasi teknologi digital terhadap petambak udang vaname. “Hal ini sejalan dengan misi Kabupaten Jembrana Segara Kerthi, melalui panen raya petambak digital ini kita harapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Tamba.

Dengan hadirnya program Kementerian tersebut Bupati Tamba meyakini dapat membantu para petambak untuk meningkatkan hasil panennya. “Saya rasa sangat bermanfaat, di Jembrana ini potensi untuk tambak itu sangat besar sekali, dan ini harus berhasil jangan sampai rugi, caranya dengan memaksimalkan dan manfaatkan teknologi dengan baik, mari belajar dari sekarang untuk membuat tambak itu manjadi lebih maju dan berhasil,” ungkap Bupati Tamba.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana, Bupati Tamba mengucapkan selamat atas terselenggaranya panen raya digital 4.0 ini. ”Kepada seluruh kelompok pembudidaya udang yang telah ikut serta berperan aktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jembrana, untuk itu Pemerintah Kabupaten Jembrana akan selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA