by

Cara Kirim Paket ke Korea Selatan

KOPI, Jakarta – Apakah Anda berniat untuk mengirim paket ke Korea Selatan? Namun bingung sebab tidak tahu bagaimana cara mengirim paket ke Korea Selatan dan Anda merasa khawatir akan hal tersebut? Sebagai pelaku bisnis online, wajar bila Anda merasa khawatir karena paket akan dikirimkan ribuan mil jauhnya. Belum lagi faktor keamanan yang masih jadi tanda tanya.

Tetapi, Anda tidak boleh membiarkan kekhawatiran seperti ini semakin menjadi-jadi. Saat ini, kita hidup di dunia yang serba canggih. Segala sesuatu telah terhubung satu sama lain menggunakan teknologi. Informasi dari seluruh dunia dapat diterima dengan mudah. Begitu pula halnya dengan berkirim barang antar negara.

Anda tidak perlu merasa khawatir, ada banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri yang dapat di andalkan dalam hal ini. Yang terpenting adalah Anda piawai dalam menemukan ekspedisi yang tepat. Bagaimana cara menemukan ekspedisi ke Korea Selatan yang sudah pasti aman? Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memenangkan perburuan ini.

Cara pertama, cobalah untuk bertanya kepada teman, kerabat atau siapapun yang memiliki pengalaman mengirim barang ke Korea Selatan sebelumnya. Minta mereka untuk memberikan rekomendasi kepada Anda.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah berkaca kepada review dan menggali informasi sebanyak mungkin tentang ekspedisi tersebut. Jaringan internet bisa Anda manfaatkan dalam hal ini. Pastikan untuk memilih ekspedisi dengan tepat, ya!

Sebagai pedangan online yang pasti akan mengirim barang ke luar negeri, pengetahuan tentang ekspedisi ini merupakan poin krusial. Karena mereka yang akan bertanggung jawab memastikan paket kiriman Anda mendarat dengan aman ke tangan pembeli.

Cara Mengirim Paket ke Korea Selatan dan Poin Penting yang Perlu Anda Ingat

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengirim paket ke Korea Selatan, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam mengirim barang ke luar negeri. Poin penting ini dapat di katakan sebagai tips dan trik agar paket Anda tetap aman sampai tujuan. Penasaran? Ini dia penjelasannya!

a) Tips dan Trik Kirim Paket ke Luar Negeri

Temukan Ekspedisi yang Tepat

Sudah disinggung sebelumnya, menemukan ekspedisi yang tepat adalah poin krusial sebelum Anda mengirimkan barang ke Korea Selatan ataupun negara lainnya. Dalam memilih ekspedisi, carilah yang mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Terkadang, ada beberapa ekspedisi yang tidak terlalu fokus dengan aspek ini. Ada beberapa yang lebih menekankan kepada biaya pengiriman yang murah. Anda tidak boleh terkecoh dengan ini, ya!

Alangkah lebih baik apabila memungkinkan untuk mendapatkan ekspedisi yang aman, terpercaya dan harganya murah. Tetapi sekali lagi, jangan menjadikan harga sebagai patokan. Dalam berburu ekspedisi yang tepat, berusahalah untuk bersikap objektif.

Tentukan Jalur Pengiriman

Paket Anda ingin di kirim menggunakan jalur apa? Jalur udara, laut atau darat? Jika ingin paket cepat sampai, Anda bisa menggunakan jalur udara. Tetapi apabila estimasi bukan menjadi poin pentingnya, Anda bebas menggunakan jalur lain.

Masing-masing jalur memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing-masing. Misalkan dengan jalur udara paket akan lebih cepat sampai, namun harga pengiriman lebih mahal daripada jalur darat. Anda bebas menentukan hal ini!

Cari Informasi Tentang Negara Tujuan

Poin kedua yang perlu Anda perhatikan adalah peraturan dari negara tujuan. Sebelum mempelajari cara mengirim paket ke Korea Selatan, Anda harus tahu dulu apakah negeri gingseng ini mengizinkan pengiriman paket dari Indonesia atau tidak.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa negara tertentu yang tidak memberikan izin ini. Dan ada pula yang memberikan izin, tetapi jumlah barangnya terbatas. Informasi seperti inilah yang harus Anda pastikan terlebih dahulu.

Cari Informasi Tentang Biaya Pengiriman

Selain mencari informasi tentang negara tujuan, Anda juga harus mencari informasi tentang biaya pengiriman dan juga kemungkinan biaya pajak bea cukai. Sebelum mengunjungi kantor ekspedisi pilihan, ada baiknya Anda sudah tahu kisaran biaya untuk pengiriman. Mengetahui kisaran biaya tidak akan membuat Anda terkejut nantinya.

Bagaimana cara untuk mengetahui tarif pengiriman ini? Saat ini, ada banyak aplikasi dan juga website yang menyediakan informasi tentang ongkos kirim berbagai ekspedisi. Anda hanya perlu menggunakan salah satunya.

b) Panduan Mengirim Paket ke Korea Selatan

Selesai dengan poin penting dalam pengiriman barang ke luar negeri, kita lanjut kepada cara mengirim paket ke Korea Selatan. Bagaimana caranya? Pada dasarnya, mengirim paket ke Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan cara mengirim paket ke negara lain. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama, pastikan kondisi barang yang akan Anda kirim ke Korea Selatan dalam keadaan baik. Anda juga harus memastikan barang di packing dengan aman. Apabila Anda ingin mengirimkan barang berharga yang rentang rusak akibat terbentu atau terjatuh, gunakan bubble wrap tambahan ketika packing.

Fungsi daripada bubble wrap ini adalah menahan dan meminimalisir kerusakan akibat benturan ringan. Jika yang ingin Anda kirimkan adalah dokumen-dokumen penting, gunakanlah plastik tebal untuk packing terluarnya.

Setelah beres dengan packing, Anda bisa langsung mengunjungi kantor ekspedisi. Biasanya Anda akan diberikan blanko dan diminta untuk mengisikan beberapa data yang dibutuhkan. Misalkan alamat penerima, dan juga alamat Anda sebagai pengirim. Cantumkan alamat dengan jelas, dan jangan lupa menuliskan kode pos di sana.

Setelah selesai dengan surat menyurat, Anda bisa mengurus asuransi. Jarak antara Indonesia dan Korea Selatan sangat jauh. Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi selama paket dalam pengiriman. Mengurus asuransi bukan sesuatu yang sulit, hal ini juga demi keamanan paket Anda.

Biasanya, ekspedisi yang memiliki nama besar (populer) dengan sukarela menawarkan asuransi ini kepada Anda. Jika mereka tidak menawarkan, Anda bisa memintanya. Selesai dengan asuransi, silahkan lakukan pembayaran ongkos kirim. Jangan lupa untuk meminta  nomor resi agar Anda bisa memantau keberadaan paket secara berkala.

Selesai! Cara mengirim paket ke Korea Selatan cukup mudah bukan? Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menepis segala kekhawatiran yang tidak perlu. Setelahnya, silahkan ikuti panduan tadi dengan baik. Selamat mencoba!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA