by

Bupati Jembrana Berikan Bantuan kepada Para Pengemudi Angkutan Umum atas Dampak Kenaikan BBM

KOPI, Jembrana –Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba memberikan bantuan sosial sektor transportasi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada pemilik angkutan umum di Kabupaten Jembrana tahun 2022. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bertempat di Terminal Penumpang Negara, Jumat (4/11/2022). Bantuan yang diberikan tersebut bertujuan untuk meringankan beban pasca naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana, I Ketut Warda Naya mengatakan bahwa bantuan subsidi tersebut diberikan sebagai salah satu upaya menekan inflasi dampak kenaikan harga BBM. Adapun yang masuk sasaran penerima bantuan, yakni pemilik angkutan umum yang sudah melakukan uji kendaraan dan berdomisili di Jembrana.

“Mekanisme verifikasi dilakukan dengan melaksanakan pendataan angkutan umum baik angkutan barang dan angkutan penumpang dengan ketentuan sudah melaksanakan uji kendaraan dinilai jalan dan lulus uji ruang lingkup. Pemberian subsidi hanya kepada angkutan umum yang berdomisili di wilayah Kabupaten Jembrana dengan nomor kendaraan bermotor Jembrana,” ujarnya.

Lanjutnya, Kadis Perhubungan, Kelautan Dan Perikanan I Ketut Warda Naya mengatakan bahwa pihaknya sudah melaksanakan koordinasi dengan pertamina sales area Bali. Hal tersebut telah bekerjasama dengan pihak SPBU Kabupaten Jembrana yang ditunjuk dalam melaksanakan Penukaran voucher dan stok bahan bakar minyak.

“Untuk memberikan bantuan tersebut dianggaran sebesar Rp402.200.000 juta khusus kepada pemilik angkutan umum yang sudah lulus uji coba kendaraan (KIR) akan diberikan bantuan sebesar Rp200 ribu per unit/orang. Pelaksanaan pemberian voucher dilaksanakan selama 26 hari mulai dari 4 – 30 November 2022 dengan pertimbangan penyelesaian pertangungjawaban keuangan pada akhir tahun di akhir bulan Desember 2022,” ucap Kadis Perhubungan, Kelautan dan Perikanan I Ketut Warda Naya.

Sementara, Bupati yang pernah menjabat DPRD Provinsi Bali tersebut mengungkapkan bahwa dalam mendukung program penanganan antisipasi dampak inflasi saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial. belanja wajib perlindungan sosial salah satunya pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum sebagaimana telah diatur dalam peraturan menteri keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022.

Pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum menyasar untuk angkutan barang dan angkutan penumpang yang berdomisili di wilayah Kabupaten Jembrana. Dengan pemberian bantuan sosial berupa voucher bahan bakar minyak yang mekanismenya sebagaimana telah dilaporkan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana.

“Maka dalam kesempatan ini saya mohon dukungan kepada rekan-rekan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana untuk ikut membantu mengawasi pelaksanaanya, mendukung program kebijakan pemerintah dalam melaksanakan mitigasi inflasi. Kepada pihak Pertamina Sales Area Bali saya minta dukungannya dalam ketersediaan pasokan stok BBM pada masing-masing SPBU di Kabupaten Jembrana yang ditunjuk melayani pemberian voucher BBM,” terangnya.

Pihaknya berharap dalam membantu untuk mengintervensi kepada pemilik angkutan umum yang hasil uji kelayakan kendaraannya tersebut di Jembrana. Setiap kendaraan/angkot diberikan bantuan sebesar Rp200 ribu per satu kendaraan dengan jumlah kendaraan sebanyak 2011 kendaraan.

“Kita mulai hari ini, jangan sampai nanti teman-teman di angkutan ini menaikkan tarif angkutan nya pada saat mengambil bahan pokok seperti sayur atau kebutuhan pokok lain yang ada di petani, sehingga pada akhirnya harga kebutuhan pokok sayur, dan beras menjadi melambung tinggi. Intervensi ini kita butuhkan dengan adanya bantuan  ini harga bisa menjadi lebih stabil dan normal itu tujuannya,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu, dari salah satu pengemudi I Putu Putra Negara yang berasal dari Desa Yehembang Kangin, menyampaikan atas nama pribadi dan pengemudi angkutan umum, pihaknya mengucapkan terima kasihnya kepada Pemkab Jembrana atas pemberian bantuan sosial tersebut kepada para pengemudi angkutan umum.

“Kami mewakili perusahaan di tempat kami bekerja dan para pengemudi penerima bantuan sosial pada hari ini. Saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatian Pemkab Jembrana yang telah memberikan bantuan berupa BBM. Ini sangat membantu sekali dan harapan kami ke depannya sebagai pengemudi dan pengusaha apa yang ada untuk hari ini bisa berkelanjutan di waktu berikutnya,” tandasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA