by

Asuransi Mobil, Ini Jenis-Jenis dan Manfaatnya yang Bisa Dipetik!

-Opini-1860 Views

Memiliki asuransi mobil dapat melindungi Anda dari berbagai biaya akibat risiko-risiko tak terduga. Seperti komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, hilang karena dicuri bahkan karena bencana alam.

Memproteksi kendaraan roda empat dengan asuransi mobil, maka Anda bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga. Dengan begitu, finansial Anda akan tetap aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut sesuai ketentuan dalam polis.

Untuk bisa menikmati proteksi dan manfaat asuransi kendaraan secara optimal, maka penting memilih asuransi mobil klaim mudah. Karena itu, penting bagi pemilik asuransi membaca dan mempelajari polis dan premi asuransi.

Baik itu asuransi Total Loss Only (TLO), maupun asuransi mobil All Risk berikut preminya. Berikut ini adalah pembahasan mengenai asuransi mobil, jenis-jenis, berikut manfaatnya.

Asuransi Mobil

Secara garis besar, asuransi mobil adalah salah satu cara untuk memberikan perlindungan kepada nasabah saat mengalami kerugiaan ataupun kecelakaan yang tidak terduga.

Menggunakan asuransi mobil bisa menekan bengkaknya biaya. Terlebih, peristiwa kerugian tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja.

Sayangnya, masih banyak yang menganggap asuransi mobil belum begitu penting. Meski anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena setiap orang memiliki prioritas utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu, ada baiknya tetap mempertimbangkan manfaatnya dalam jangka panjang.

Jika sudah menggunakan asuransi, tentunya Anda bisa mengajukan mengklaim sebagai biaya ganti rugi. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk memperbaiki kerusakan kendaraan kendaraan.

Selain kerusakan, kehilangan akibat pencurian yang bukan karena kelalaian pemilik, dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil yang berlaku dan banyak dipilih nasabah, yaitu asuransi mobil All Risk dan Total Loss Only (TLO). Keduanya memiliki manfaat yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

1. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau disebut asuransi comprehensive mencakup hampir seluruh risiko. Artinya, asuransi ini menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

Sesuai dengan benefit yang diperoleh, maka Anda harus membayar premi asuransi mobil All Risk yang cenderung lebih mahal karena cakupan yang ditanggung lebih luas. Mulai dari kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara, bencana alam juga ditanggung oleh asuransi comprehensive.

Jika ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil kesayangan, maka asuransi mobil All Risk pilihannya. Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tidak diduga.

Asuransi mobil All Risk juga cocok untuk jenis mobil baru karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

2. Asuransi TLO (Total Risk Only)

Asuransi TLO merupakan jenis asuransi yang hanya memberikan jaminan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan di atas 75%. Jaminan yang diberikan apabila kendaraan mengalami kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, dan kehilangan akibat tindakan kejahatan.

Namun, perlu diingat, bila kerusakan kendaraan berada di bawah persentase tersebut, artinya Anda tidak bisa mengajukan klaim. Dengan demikian, Anda harus menanggung biaya kerusakan dengan dana pribadi.

Meski jaminan perlindungannya tidak sepenuh All Risk, ternyata asuransi TLO lebih banyak dipilih untuk sebagian orang karena biaya preminya jauh lebih murah.

Manfaat Menggunakan Asuransi Mobil

Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapat jika memproteksi kendaraan dengan asuransi mobil:

1. Berkendara Terasa Lebih Aman

Meski sudah berhati-hati saat berkendara, Anda masih bisa saja terkena musibah. Dengan asuransi mobil, Anda akan merasa lebih aman dan terhindar dari kerugian di kemudian hari.

2. Bisa Menghemat Biaya Pengeluaran

Kecelakaan bisa membuat kendaraan jadi rusak dan dibutuhkan biaya perbaikan yang tidak murah. Jika menggunakan asuransi, Anda tidak perlu merasa cemas lagi karena pihak asuransi siap menanggung biaya kerusakan.

Anda bisa mengajukan klaim untuk melakukan perbaikan atau mengganti kendaraan yang hilang. Nantinya, pihak asuransi juga dapat membantu mencarikan bengkel rekanan maupun sparepart untuk kendaraan yang rusak.

3. Pemilik Bisa Memperluas Jaminan

Asuransi kendaraan tidak hanya menjamin risiko utama, melainkan juga bisa memperluas jaminan tambahan. Jaminan yang diperluas meliputi, kerusakan akibat kerusuhan, bencana alam, hingga kerusakan yang tidak disengaja.

Dalam asuransi mobil All Risk, misalnya, Anda diberi kemudahan untuk memperluas pertanggungan asuransinya. Itu berarti, Anda bisa memperluas risiko yang tidak dilindungi premi asuransi murni, di antaranya:

     Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.

     Kerusuhan.

     Gempa Bumi/tsunami.

     Sabotase/terorisme.

     Third party liability (TPL).

     Kecelakaan pengemudi.

     Kecelakaan penumpang.

     Tanggung jawab hukum terhadap penumpang (TJHP).

     Bengkel resmi.

Itulah penjelasan mengenai asuransi mobil, jenis-jenis hingga manfaart yang bisa Anda petik. Jadi, sudah tidak ragu lagi memproteksi kendaraan dengan asuransi mobil?

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA