by

Tinjau Lahan Program 200 Hektar Penanaman Kakao, Bupati Jembrana: Desa Ekasari Ini Potensi

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba meninjau lahan program 200 hektar penanaman bibit kakao, yang berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana Bali, (22/10/2022). Dalam peninjauan tersebut bupati didampingi Ketua Kelompok Tani Kakao Merta Abadi I Kadek Suantara.

Sebagai bentuk dukungan dan keseriusan terhadap komitmen yang telah dicanangkan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba untuk mewujudkan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Jembrana. Terkait hal tersebut masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Kakao Merta Abadi telah menyiapkan lahan program seluas 200 hektar untuk penanaman bibit kakao kwalitas unggulan yaitu, MCC 02.

Terkait hal tersebut Ketua Kelompok Tani Merta Abadi I Kadek Suantara menyampaikan bahwa lahan program seluas 200 hektar untuk penanaman bibit kakao di Desa Ekasari. “Untuk lahan kami sudah siapkan, untuk itu kami dan seluruh warga di Desa Ekasari, siap menuju Desa Kakao Jembrana,” ucap Ketua Kelompok Tani Merta Abadi I Kadek Suantara.

Sementara itu, Bupati I Nengah Tamba saat bertatap muka dengan masyarakat mengatakan bahwa di luar negeri tepatnya di negara-negara maju dan berkembang, coklat menjadi primadona, coklat memiliki kelasnya tersendiri. Untuk kakao Jembrana sudah mampu menjawab hal itu dengan memperoleh pengakuan dari negara-negara tersebut bahwa kakao Jembrana adalah yang terbaik.

“Berangkat dari hal tersebut, saya melihat di Desa Ekasari ini ada potensi yang bagus dan sangat luar biasa, yang bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat yaitu melalui budidaya kakao dengan skala yang lebih besar. Untuk itu sekali lagi ayo bersama-sama kita gas, ayo kita sukseskan program pencanganan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Jembrana,” jelas Bupati Tamba.

Lanjutnya, terkait rencana penanaman bibit kakao program seluas 200 hektar di Desa Ekasari ini, Bupati Tamba meminta agar dipersiapkan dengan baik, lahan yang sudah bersih maupun bibit-bibit yang sudah ada, dikontrol dan dijaga dengan baik. “Astungkara (mudah-mudahan) nanti, direncanakan pada penanaman bibit kakao tersebut, akan dihadiri secara langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang sekaligus meresmikan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Jembrana,” pinta Bupati Tamba.

Turut mendampingi Bupati Jembrana dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama, Camat Melaya serta Prebekel se- Kecamatan Melaya dan seluruh warga Desa Ekasari. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA