by

PPIT Selenggarakan Lomba Mengarang Berhadiah Yen Jepang

KOPI, Tochigi, Jepang – Perkumpulan Persahabatan Indonesia Tochigi (PPIT), yang berpusat di Jepang, menyelenggarakan kegiatan lomba mengarang bagi warga Indonesia dan Jepang. Peserta warga Jepang membuat karangan atau artikel dalam bahasa Indonesia. Sementara warga Indonesia membuat artikelnya dalam bahasa Jepang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPIT, Prof. Katsujiro Ueno, kepada media ini melalui surel, Jumat, 21 Oktober 2022. “Kami menantikan partisipasi para anggota PPWI dan warga masyarakat Indonesia lainnya dalam acara lomba mengarang tersebut,” tulis Ueno dalam pengantar press release-nya.

Lomba mengarang ini, tambah Ueno, terbuka untuk semua kalangan, semua usia, dan lata belakang apapu, dengan mengusung 3 tema atau topik bahasan untuk ditulis, sebagai berikut:

  1. Tentang Jepang, Orang Jepang dan Bahasa Jepang;
  2. Tentang Hobi Saya (penulis – red)
  3. Target Hidup Saya (penulis – red)

“Silahkan pilih satu tema dari ketiga tema tersebut di atas,” ujar pria Jepang yang sehari-hari bekerja sebagai penterjemah bahasa Indonesia ini.

Katsujiro Ueno, yang merupakan anggota PPWI Jepang, juga menjelaskan dalam surat elektronik atau emailnya tentang cara pengiriman karya. “Silahkan kirim (file karya tulisnya yang diketik – red) satu halaman kertas ukuran A-4 ke email: [email protected],” tambah Sekjen PPIT yang juga adalah anggota PPWI itu.

Batas waktu penulisan dan pengiriman karya tulis untuk lomba mengarang ini adalah tanggal 15 November 2022.

Hadiah Yen Jepang

Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa dana pembinaan dengan rincian, sebagai berikut:

  1. Satu orang pemenang Karya Terbaik dari warga Jepang dan satu orang dari warga Indonesia, masing-masing akan mendapatkan total uang sebesar 10.000 Yen (sepuluh ribu Yen)
  2. Tiga orang pemenang Karya Bermutu dari warga Jepang dan tiga orang dari warga Indonesia, masing-masing akan mendapatkan uang sebesar 5.000 Yen (lima ribu Yen)

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada awal bulan Desember 2022 melalui Buletin PPIT edisi ke-5. Selain itu, hasil penilaian dewan juri akan disampaikan kepada pemenang melalui email masing-masing. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu-gugat.

Kegiatan ini terselenggara atas bantuan dan sponsorship dari PT. Kiyokuni Jepang. Perusahaan ini juga membantu dalam penyediaan hadiah uang bagi para pemenang.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke menyampaikan bahwa PPWI Nasional sangat mendukung pengadaan kegiatan lomba mengarang yang diinisiasi oleh PPIT tersebut. “DPN PPWI sangat mendukung kegiatan Prof, Katsujiro Ueno terkait lomba mengarang dalam bahasa Indonesia dan Jepang ini. Saya berharap kawan-kawan PPWI dan masyarakat umum berlomba-lomba mengikutinya. Lomba ini sebagai ajang mengasah kemampuan bahasa Jepangnya. Di samping tu, ada hadiah dalam bentuk uang Yen Jepang,” ujar alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

Wilson Lalengke juga berharap semoga kegiatan serupa lebih banyak lagi. Lomba semacam ini perlu dilaksanakan oleh pihak-pihak yang peduli dengan hubungan persahabatan antar bangsa antar negara.

“Ini salah satu wujud peran jurnalis warga PPWI dalam membangun dunia yang aman, damai dan harmonis,” pungkasnya. (APL/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA