by

Lepas 200 Peserta Tes Kebugaran SIPGAR, Bupati Jembrana: Saya Menyambut Baik Acara Ini

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melepas peserta tes kebugaran melalui Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR), bertempat di Lapangan Umum Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Minggu (16/10/2022). Tes kebugaran tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran.

SIPGAR tersebut merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode rockport atau jalan/jogging sejauh 1,6 Kilometer. Dalam tes tersebut diikuti sebanyak 200 peserta, usai melaksanakan tes pengukuran kebugaran, dan para peserta juga mengikuti yoga yang dibimbing langsung oleh Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI).

Ketua Umum PPYNI Nasional, Slamet Riyanto mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya tes kebugaran di Kabupaten Jembrana tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat dan nantinya masyarakat akan mengerti pentingnya berolahraga. “Tes kebugaran ini untuk mengukur seberapa jauh tingkat kebugaran masyarakat di Indonesia, sehingga kita bersyukur bahwa Kabupaten Jembrana menjadi salah satu contoh untuk ke depannya, seperti yang dicanangkan Kemenkes bahwa olahraga itu mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran,” ucap Ketua Umum PPYNI Nasional Slamet Riyanto.

Lanjutnya, Ketua Umum PPYNI Nasional Slamet Riyanto menjelaskan bahwa dalam melakukan olahraga harus dilaksanakan secara benar untuk meminimalisir terjadi cedera serta dilaksanakan secara terukur dan teratur agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. “Berolahraga itu harus benar agar tidak terjadi cedera, untuk itu yang pertama harus ada pemanasan, kedua latihan inti dan pendinginan, ketiga harus terukur.”

“Oleh karena itu pemerintah melalui Kemenkes mempunyai aplikasi yang namanya SIPGAR untuk mengukur seberapa jauh kemampuan, kondisi dan kapasitas paru-paru dan oksigen kita, dan yang terakhir olahraga itu harus teratur, paling tidak 2-3 kali dalam satu minggu, dan dilakukan selama 20-30 menit secara teratur,” jelas Slamet Riyanto.

Sementara itu, Bupati Tamba merasa bahagia karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di Kabupaten Jembrana dan berharap seluruh masyarakat sehat, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Jembrana bahagia dapat terwujud. “Saya menyambut baik acara ini, apalagi Jembrana dipilih sebagai salah satu excercise tes kebugaran masyarakat, saya harapkan hasilnya memuaskan dan saya yakin masyarakat di sini selalu sehat, mari kita berolahraga agar sehat dan bugar, sehat dan bugar itu adalah hal yang luar biasa,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA