by

Kunjungan Pemkab Malang Terkait Pengelolaan Sampah, Kadis LH Jembrana: Bisa Dijadikan Contoh

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Jembrana, Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, bertempat di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Jembrana, Bali, Kamis (13/10/2022). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat langsung tentang pengelolaan sampah di TPST Kabupaten Jembrana.

Rombongan kunjungan Pemkab Malang tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Ir Renung Rubiyatadji beserta rombongan. Kunjungan tersebut terkait studi komperasi dalam hal pengelolaan sampah di TPST Kabupaten Jembrana.

Kadis LH Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menyambut baik hal tersbut, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada rombongan Pemkab Malang yang telah memilih Jembrana sebagai objek kunjungan. “Teman-teman dari Kabupaten Malang datang ke Jembrana untuk melihat langsung apa yang sudah kita lakukan, terutama tentang pengelolaan sampah di TPST yang ada di Kabupaten Jembrana, karena mereka juga akan membuat TPST di Kabupaten Malang, mudah-mudahan apa yang kami lakukan di sini bisa diterapkan di Malang,” ucap Kadis LH Gede Ary Candra Wisnawa.

Kadis LH Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menjelaskan bahwa selain itu kegiatan tersebut juga bisa saling mengisi kekurangan serta kelebihan masing-masing daerah, baik Kabupaten Jembrana maupun Malang. “Dari Kabupaten Malang sudah memberikan inovasi tentang pengolahan sampah yang sudah dilakukan di Kabupaten Malang, kami juga tertarik untuk belajar ke sana, apabila ada yang kurang di Jembrana bisa kita tambahkan apa yang sudah kita dilakukan di Kabupaten Malang,” jelas Kadis LH Dewa Gede Candra Wisnawa.

Kadis LH Gede Ary Candra Wisnawa berharap bahwa melaui studi komperasi tersebut bisa berama-sama bersinergi dalam penanganan masalah sampah untuk membangun wilayah, agar menjadi contoh untuk wilayah lain. “Semoga sinergitas ini berlanjut, sehingga kita bisa memiliki pola dan mekanisme dalam pengelolaan sampah skala kabupaten yang bisa dijadikan contoh untuk masyarakat di Indonesia,” harap Gede Ary Candra Wisnawa.

Sementara, Kepala Bidang Lingkungan Hidup (Kabid LH) Kabupaten Malang Ir. Renung Rubiyatadji menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang telah menerima rombongan Kabupaten malang dengan baik. “Kami dari Pemkab Malang sangat berterima kasih kepada Pemkab Jembrana yang telah menerima kami, dan kami sangat kagum karena sistem yang akan kami pakai sebagai panduan, ternyata sudah bekerja dengan baik,” ujar Kabid LH Ir. Renung Rubiyatadji.

Kabid LH Juga berharap bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Jembrana dalam penanganan masalah sampah, hal tersebut dapat dikolaborasikan dengan Pemkab Malang untuk menyelesaikan masalah sampah. “Harapan saya pembelajaran dari sini bisa terus disharing dengan program kami, sehingga kami dapat membuat sistem yang dapat meningkatkan sekala dari sistem tersebut dan dapat menyelesaikan masalah yang lebih besar lagi, sehingga kita bisa sukses dan berkembang bersama,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA