by

Hasil Penyelidikan dan Investigasi Komnas HAM: Tidak Ada Penghapusan Rekaman Berdurasi Tiga Jam

KOPI, Jakarta – Usai penyelidikan langsung ke lokasi kamera cctv di Stadion Kanjuruhan Malang oleh Komnas HAM, Komisioner Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut ada masalah teknis di kamera 16 yang mengarah ke tempat parkir.

Hal ini diungkap Anggota Komisioner Penyelidikan atau Pemantauan Komnas HAM M. Choirul Anam dalam video youtube yang diunggah Humas Komnas HAM, Kamis 20 Oktober 2022.

“Ya, ada blank rekamannya, hal tersebut karena kendala teknis yang terjadi lantaran ada pergantian kamera oleh teknisi pada Jumat (30/10/22) atau sehari sebelum laga Arema FC melawan Persebaya,” ujar Anam.

Dikatakan Anam, pergantian kamera itu, menyebabkan rekaman CCTV menjadi tidak sempurna. Pasalnya, pengaturan kamera CCTV belum selesai hingga hari pertandingan Arema FC vs Persebaya.

“Pada saat pertandingan CCTV masih dalam proses sinkronisasi IP, dan sebagainya,” terang Anam.

Selanjutnya Anam pun memastikan masalah CCTV Stadion Kanjuruhan tidak disebabkan faktor lain, termasuk soal dugaan penghapusan rekaman berdurasi tiga jam. “Kami ditunjukkan jejak digital, perubahan IP address, dan sebagainya, oleh tim teknisi Dispora dan itu bukan problem lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dugaan pergantian, enggak ada. Yang ada Dispora bertanya apakah bisa diganti setelah diambil untuk penyidikan. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA