by

Hadiri Khitan Massal Muslimat Nahdlatul Ulama Mendoyo, Bupati Jembrana: Semoga Khitan berjalan Lancar

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan khitanan massal yang diselenggrakan oleh Anak Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama’ (NU) Kecamatan Mendoyo, bertempat di Masjid Nurul Taqwa Desa Yehsumbul Barat, Jembrana, Bali, Minggu (9/10/2022). Peringatan Maulid Nabi tersebut sebagai bentuk penghormatan dan kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap bulan Rabiul Awwal setiap tahunnya.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW (Shalallaahu Alaihi Wassalaam) wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diselenggarakan khitanan Massal yang diikuti oleh peserta sebanyak 23 anak, semuanya berasal dari Desa Yehsumbul. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Anak Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama’ Kecamatan Mendoyo.

Foto: Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat berikan uang kepada peserta khitan.

Dalam sambutanya Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa Khitan/Sunat sudah ada sejak Nabi Ibrahim AS (Alaihis Salam) yang dilaksanakan secara turun temurun oleh umat Islam di seluruh dunia. Disamping itu Khitan juga bagus untuk kesehatan anak-anak umat Islam.

“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini mari kita senantiasa menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI dan toleransi, saling menghargai antar umat beragama baik di Bali dan khususnya di Kabupaten Jembrana dan senantiasa perlu kita jaga bersama-sama dengan baik sebagai saudara (Nyamo Bali),” ucap Bupati Tamba. 

Lanjutnya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Bali tersebut mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum Maulid Nabi tersebut sebagai ajang introspeksi diri dalam hidup bermasyarakat, menghindari pola-pola negative berdasarkan ajaran Alquran dan Hadist. “Untuk menjaga harmonisasi kehidupan beragama kepada tokoh-tokoh agama agar tidak berhenti untuk menyuarakan pesan-pesan kesejukan kepada umatnya,“ ajak Bupati Tamba 

Lebih lanjut Bupati Tamba berharap agar nantinya tumbuh generasi-generasi muda Jembrana yang beriman, taqwa, cerdas dan berdaya saing. “Semoga acara Khitan massal yang diseleggarakan Anak Cabang Muslimat NU se- Kecamatan Mendoyo pada hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam menyongsong cita-cita Kabupaten Jembrana menuju Jembrana Emas tahun 2026, yaitu Jembrana Maju, Masyarakat Sejahtera dan Bahagia,” harap Bupati Tamba. 

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi SAW, Rosdiana mengungkapkan tujuan digelarnya acara ini semata-mata untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi muhammad SAW dan mengenang jasa-jasa perjuangan beliau. “Sunat/khitan merupakan tahapan yang paling penting bagi anak laki-laki sebagai bagian dari upaya menyempurnakan ajaran agama Islam, sekaligus meningkatkan kesehatan anak-anak,” jelas Ketua Panitia Rosdiana.

Ia menambahkan bahwa Khitan bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis serta mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal. “Sunatan massal ini dapat memberikan dampak yang baik agar anak-anak tumbuh dengan sehat dan sholeh sesuai dengan syariat Islam yang mewajibkan khitan bagi setiap umat,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA