by

Dian Rachmawan : KALIKAN EXPO 2022 Bangkitkan UMKM Masyarakat

Pewarta-Indonesia.Com, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama marketplace Kalikan akan menggelar pameran ikan hias air tawar terbesar atau Kalikan Expo pada 14-16 Oktober 2022 mendatang di Jakarta International Expo (Jiexpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia dengan tujuan mengembangkan potensi UMKM, utamanya yang bergerak di sektor perdagangan dan pembudidayaan ikan hias air tawar.

“Terkait dengan benefit ini kan UMKM pertama tentunya ini forum yang baru ya untuk ikan hias air tawar,” ungkap Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Erwin Dwiyana di Kemayoran Jumat (14/10/2022).

Sementara itu, Ketua Kegiatan Kalikan.Id, Dian Rachmawan mengatakan akan ada sebanyak 180 UMKM yang terlibat dalam pameran ini, dengan biaya masuk bagi pengunjung sebesar Rp 20.000. Banyak benefit atau keuntungan yang didapat para pelaku UMKM, sebab pameran ini sekaligus wadah untuk berbagi pengetahuan mulai dari regulasi hingga tren pasar seputar ikan hias air tawar.

Meski demikian, tak merinci potensi transaksi dalam pameran ini, tapi yang pasti ia meyakini melalui forum ini nantinya akan membuka peluang-peluang baru bagi UMKM yang terlibat, tentunya dengan memanfaatkan pemasaran melalui digital atau digital marketing.

“Kemudian tentunya update pasar, yang akan diperoleh oleh teman teman UMKM dan peluang ataupun, saat ini pasar trennya kemana untuk ikan hias ini,” papar Dian Rachmawan.

Pameran ini merupakan pertama kali sejak pandemi Covid-19, yang melanda selama 2 tahun lebih.

“Perdagangan Ikan hias global : ikan hias air tawar (79%) dan ikan hias air laut (21%). Sumber : Trademap, dioleh dan diakses pada 29 Maret 2022 6,70 Juta USD 19,37%. Nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai USD 34,55 juta (2021) atau meningkat 12,33% dibanding tahun sebelumnya (USD 30,76 juta),” tandasnya.

Diketahui, Kalikan merupakan marketplace yang dibentuk karena melihat ada potensi ekonomi kerakayatan pada ikan hias tawar. Didalamnya terdapat kumpulan toko digital dari semua pelaku UMKM yang tergabung Asosiasi Pengusaha Ikan Hias Air Tawar (APIHATI).

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA