by

Datangi SD Inpres Yokatapa, Ksatria Tengkorak Berbagi Kasih Sembari Memberikan Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan PHBS

KOPI, Intan Jaya – Demi memanfaatkan waktu yang sangat singkat, yang mana rencananya hanya 9 bulan di Intan Jaya, para Ksatria Tengkorak tanpa kenal lelah, terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya ke kampung-kampung, sekolah pun didatangi, demi menemui bagian-bagian dari elemen masyarakat, yakni para guru dan anak-anak sekolah.

Kali ini, Bapa Pater datang bersama Dokter dan Tim Kesehatan Tengkorak ke SD Inpres Yokatapa untuk berbagi kasih, memberikan pelayanan kesehatan dan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak-anak SD Inpres Yokatapa. Tidak lupa, Letnan Alo, putra Ambon yang tumbuh besar di Jayapura, juga turut mendampingi.

Karena kegiatan direncanakan dan dipersiapkan dengan matang, alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan sangat lancar. Terlihat anak-anak Intan Jaya yang bersekolah di SD Inpres Yokatapa sangat senang dan bahagia, begitupun dengan guru-gurunya.

Letda Inf Syaefulloh, yang sudah sangat akrab dipanggil Bapa Pater mengatakan, “Sebelum pelaksanaan kegiatan pada hari Senin (17/10/22), pada minggu lalu kami sudah berkoordinasi dengan Ibu Ruth, Kepala SD Inpres Yokatapa. Pada saat itu, beliau menyambut dan menerima dengan baik dan senang rencana kegiatan ini.”

Selama pelaksanaan penyuluhan PHBS, sekitar 100 anak-anak SD didampingi 6 orang guru dan Kepsek mengikuti dan mendengar arahan dari Dokter bersama beberapa tenaga Medis YPR 305/Tengkorak. Ibu Kepsek pun sesekali terlihat tertawa di sela-sela senyumnya, melihat Bapak-Bapak Tentara begitu mudahnya akrab dengan anak-anak.

Kepada para Ksatria Tengkorak, Ibu Ruth menyampaikan terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan. “Terima kasih untuk Bapa-Bapa Tentara dari 305 yang sudah mengajarkan anak-anak SD Yokatapa tentang cara sikat gigi yang benar. Semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik kita,” ucap Bapak Rumainum, salah satu Guru yang mewakili Kepala Sekolah.

Mungkin jika hanya mendengar dan mengikuti kegiatan saja, belum tentu bisa membuat anak-anak segembira seperti yang terlihat. Ternyata, sudah seperti suatu keharusan ketika akan bertemu dengan saudara-saudara dan anak-anak Intan Jaya, para Ksatria Tengkorak selalu membawa buah tangan.

Kali ini, bukan hanya, buku tulis dan alat tulis serta gula-gula yang dibagikan kepada anak-anak. Namun, guna melengkapi materi penyuluhan, para Ksatria Tengkorak membagi-bagikan sikat dan pasta gigi kepada anak-anak.

“100 paket sikat dan pasta gigi ludes tanpa sisa. Gula-gula pun harus segera kami minta kirim dari Timika karena persediaan sudah mulai menipis,” terang Bapa Pater.

Kepada anak-anak, Dokter bersama Tim Kesehatan Tengkorak menjelaskan dan memberikan contoh cara menyikat gigi yang baik dan benar. Anak-anak yang butuh penanganan kesehatan, juga dilayani dengan ramah. “Harapan kami, semoga semakin hari, masyarakat Intan Jaya semakin menyadari bagaimana pola hidup sehat. Makanya kami memulai dari anak-anak, dari sekolah-sekolah hingga nanti ke kampung-kampung,” pungkas Dokter. (DJ/Penerangan YPR 305)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA