by

Bupati Jembrana Terima Penghargaan dari KASN, Terkait Pengisian Kualitas JPT

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas prestasinya sebagai daerah dengan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) kategori baik, penghargaan tersebut diserahkan langsung secara virtual oleh Ketua KASN Agus Pramusinto di Yogyakarta, (6/10/2022). Dalam penyerahan tersebut turut dihadiri oleh Wapres RI, H. Ma’ruf Amin serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan sekaligus melaunching aplikasi Sijapti 4.0 dari KASN.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai apresiasi dan dukungan kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam hal tersebut Kabupaten Jembrana dan Kota Denpasar merupakan satu-satunya kabupaten yang ada di Bali mendapat penghargaan dari 21 kabupaten se-Indonesia, sedangkan Provinsi Bali mendapat kategori sangat baik.

Usai menerima penghargaan Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapkan terima kasih kepada Pansel JPT Kabupaten Jembrana tahun 2021, dan Sekretariat Pansel, serta seluruh Staf BKPSDM dan semua pihak yang telah bekerja keras dan telah mendukung pelaksanaan pengisian JPT di Kabupaten Jembrana. “Terima kasih atas kerja keras semua pihak, yaitu mulai dari perencanaan sampai pelantikan JPT, sehingga Pemkab Jembrana memperoleh anugerah kualitas pengisian JPT dari KASN.”

“Mari kita bekerjasama dalam satu team work yang kuat untuk membangun Jembrana, dan pertahankan prestasi ini dalam penyelenggaraan sistem manajemen kepegawaian di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Foto: Bupati Jembrana I Nengah Tamba Terima Penghargaan dari KASN

Lanjutnya, Bupati Tamba juga menegaskan kepada para pejabat di Lingkup Pemkab Jembrana untuk bekerja dengan sungguh- sungguh dan profesional, serta melaksanakan proses secara transparan dalam pengisian jabatan tinggi di Jembrana. “Persiapkan diri, tunjukkan kinerja sebaik mungkin, saya akan lakukan yang terbaik, dengan proses yang transparan dalam pengisian jabatan di Kabupaten Jembrana,” tegas Bupati Tamba.

Di sisi lain, Ketua KASN Agus Pramusinto menjelaskan bahwa penghargaan tahun ini wujud dari apresiasi atas prestasi instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT serta memberikan dukungan motivasi kepada instansi pemerintah dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja KASN.
Terkait hal tersebut sebagai dukungan secara meluas kepada seluruh stakeholder mengenai urgensi penerapan sistem merit pengisian JPT.

“Penilaian tersebut dilakukan secara komprehensif dengan lima dimensi sebagai indikator yaitu sebagai berikut:
          1. Perencanaan pengisian JPT
          2. Pelaksanaan pengisian
          3 Sistem pelaporan
          4. Inovasi manajemen pengisian
          5. Pelanggaran pengisisan JPT.

Demikian uraian lima dimensi sebagai indikator tersebut,” jelas Ketua KASN Agus Pramusinto.

Ketua KASN Agus Pramusinto menambahkan bahwa ada dua perasyaratan utama, agar suatu daerah mampu memenuhi perasyaratan dalam menerima penghargaan tersebut, untuk itu daerah harus mampu memenuhi nilai indeks sistem merit kategori baik. Berikutnya dari hasil penilaian kualitas pengisian JPT yaitu dengan kategori baik dan sangat baik.

“Penghargaan kategori tahun ini diserahkan sebanyak 21 kabupaten, dan 14 provinsi serta 16 kotamadya se-Indonesia yang mendapat penghargaan dari KASN dengan kategori baik dan sangat baik, dalam hal ini yang ikut dinilai yaitu kementerian dan institusi dan lembaga,” imbuhnya.

Sementara Wapres RI, H. Maruf Amin berharap penghargaan mampu menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai indikator dengan meningkatnya kualitas birokrasi di kancah Internasional untuk mendukung masuknya investasi ke Indonesia. “Saya harap semua daerah di Indonesia untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, jangan sampai ketinggalan kelas.”

“Otonomi daerah jangan ada yang membeda-bedakan dan daerah tetap semangat, tetapi visi daerah yang maju akan berkontribusi bagi indosesia maju, mari bersama kita wujudkan birokrasi yang unggul dan kuat,” harap Wapres H. Ma’ruf Amin. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA