by

Bupati Jembrana Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Al-Khairot Nusantara

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Kadis PMD I Made Yasa menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diselenggarakan oleh Yayasan Ponpes Al-Khairot Nusantara, bertempat di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Sabtu (22/10/2022). Kehadiran bupati tersebut bertujuan untuk memenuhi undangan panitia Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam kehadiran bupati tersebut mengawali jadwal yang sudah ditentukan panitia yaitu sekitar pukul 16.00 Wita. Sebelumnya jadwal undangan yang dibuat panitia pukul 20.00 Wita. Mengingat bupati ada hal yang sangat mendadak dalam tugas, sehingga bupati menunjuk Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu Gede Sujana untuk melanjutkan menghadiri acara rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sampai akhir acara, dan membacakan sambutan bupati.

Setibanya di Yayasan Ponpes Al-Khairot Nusantara Bupati Tamba diterima langsung oleh Ahmad Muhtarom beserta jajaran panitia bersama pengasuh Ponpes Al-Khairot Nusantara Ustaz Fathul Bari tepat pukul 14.00 Wita. Kedatangan bupati tersebut disambut hangat oleh panitia, dan bupati langsung menyapa Ibu-Ibu di dapur dan disambut dengan senang hati serta rasa bahagia.

Foto: Kiri Panitia A.Muhtarom tengah Bupati Jembrana I Nengah Tamba, kanan Pengasuh Ustaz Fathul Bari.

Terkait dengan peringatan Maulid Nabi Bupati Tamba memberikan vocer senilai Rp5 juta kepada pengasuh Ponpes Al-Khairot Nusantara yang diterima langsung oleh Ustaz Fathul Bari. Bupati menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga umat Muslim lebih bersemangat dalam merayakan.

“Semoga vocer ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ujar Bupati Tamba.

Foto: Ahmad Muhtarom saat sambutan Panitia Maulid.

Setelah menginjak pada acara rangkaian Maulid di mulai pukul 20.00 Wita, Ketua Panitia yang diwakili Ahmad Muhtarom menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakat dan SDM atas kehadirannya di Peringatan Maulid yang mewakili Bupati. “Saya ucapkan selamat datang di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, dan terimah kasih banyak atas kehadiran Bapak Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Dan SDM yang telah hadir mewakili Bapak Bupati Jembrana untuk mengikuti acara rangkaian Maulid ini,” ucap Ahmad Muhtarom.

Foto: Kiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, tengah Pengasuh Ponpes Ustaz Fathul Bari Kanan Kadis PMD I Made Yasa.

Sementara itu Pengasuh Yayasan Ponpes Al-Khairot Ustaz Fathul Bari dalam sambutannya secara singkat menyampaikan bahwa “Pendidikan agama adalah hal yang sangat penting, yang harus dituntut untuk keselamatan di dunia dan akhirat (hidup sesudah mati), karena menutut ilmu itu hukumnya wajib, supaya kelak menjadi anak yang sholeh dan sholeha dan mendapat safaat Nabi Muhammad SAW,” ucap Pengasuh Ustaz Fathul Bari.

Terkait hal tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan SDM, Gede Sujana mewakili Bupati Jembrana dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam suasana penuh keprihatinan dan dukacita atas musibah bencana alam/banjir bandang yang telah menimpa wilayah dan terjadinya korban harta benda dan jiwa. ” Mari kita doakan semoga mereka yang tertimpa bencana dapat diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi bencana ini, dan saya berharap dikemudian hari bencana tidak terjadi lagi di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba yang dibacakan Staf Ahli Bupati Gede Sujana.

Foto: Staf Ahli Bupati Gede Sujana Saat memberikan sambutan mewakili Bupati Jembrana.

Lanjutnya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati mengungkapkan rasa kebahagiaanya bahwa para santriawan dan santriawati dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1444 H yang disertai Pentas Seni Hadrah. “Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Khairot Nusantara, Dusun Pebuahan, dalam keadaan sehat walafiat dan penuh rasa kekekuargaan,” ungkapnya.

Dalam sambutan Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Gede Sujana menjelaskan bahwa peringatan Maulid Nabi SAW, dilaksanakan setiap tahun yaitu setiap 12 Rabiul Awwal 1444 Hijriyah, yang mempunyai makna yaitu rasa kecintaanya kepada Nabi Muhammad SAW. “Sehingga diperingati dalam setiap tahunnya, sejarah beliau lahir di Kota Makkah tepatnya pada tanggal 20 April tahun 571 Masehi/ tahun Gajah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menceritakan dan mengutip sejarah singkat Nabi Muhammad SAW, bahwa “beliau dilahirkan dari rahim seorang Ibu yang bernama Halimah, ayahanda bernama Abdullah dan telah meninggal dunia sebelum beliau lahir, sehingga beliau sebagai anak yatim,” cerita singkat Bupati Tamba yang diwakili Staf Ahli I Gede Sujana.

Bupati Tamba menambahkan bahwa “Perayaan Maulid Nabi sebagai tradisi penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah dilaksanakan sejak dahulu oleh seluruh umat Muslim Indonesia juga di seluruh dunia,” imbuhnya.

Bupati Tamba menerangkan dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Gede Sujana. “Dalam kesempatn yang berbahagia ini, perlu kami sampaikan bahwa, sebagai Bupati Jembrana kami menjalankan tata kelola Pemerintahan Kabupaten Jembrana sesuai Visi Misi Kampanye Tamba Ipat sebagai Bupati/Wakil Bupati Jembrana terpilih ada enam pedoman pokok yang harus saya tuangkan dalam mengemban amanah rakyat, dan menjalankan tata kelola Pemerintahan di Kabupaten Jembrana yaitu:

Visi : Menuju Jembrana Bahagia berlandaskan Tri Hita Karana, yang bermakna, Jembrana Bahagia (masyarakatnya sejahtera) berlandaskan tiga hubungan keharmonisan dengan Tuhan, Alam, dan Manusia.

Misi : Kabupaten Jembrana yaitu: Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana yang bermakna, senantiasa menjaga hubungan harmonis dengan enam unsur kehidupan di dunia yaitu:
         1. Atma Kerthi (Tuhan)
         2. Danu Kerthi (Sumber air)
         3. Wana Kerthi (Hutan)
         4. Segara Kerthi (Laut)
         5. Jagat Kerthi (Alam)
         6. Jana Kerthi ((Manusia).

Sehingga keharmonisan alam beserta isinya sangat kita perlukan untuk kehidupan manusia yang sejahtera, aman, damai dan bahagia, dalam kehidupan berbangsa, bernegara, mari kita jaga persatuan, kebhinekaan dan toleransi kerukunan kita antar umat beragama, baik di Bali dan khususnya di Kabupaten Jembrana,” terang Bupati Tamba dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyakatan dan SDM Gede Sujana.

Dengan demikian melalui peringatan Maulid Nabi tersebut. “Semoga acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW malam ini dapat berjalan baik dan lancar. Semoga sifat-sifat Nabi Muhammad  SAW senantiasa menjadi suri tauladan dan panutan bagi seluruh umat Muslim dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dan semoga akan tumbuh generasi yang beriman, taqwa, cerdas dan berdaya saing untuk menyongsong cita-cita Kabupaten Jembrana, menuju Jembrana emas tahun 2026, yaitu masyarakat Jembrana sejahtera, dan saya mengucapkan Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wasaalaam 1444 H/2022,” ucapnya.

Foto: Ustaz Moch Ridwan saat Ceramah Agama.

Sementara itu ceramah agama Ustaz Moch Ridwan mengajak yang hadir di peringatan kelahiran Nabi tersebut untuk mencontoh Suri Tauladan Nabi Muhammad SAW dan Perbanyak zikir dan berbuat kebaikan Kepada Allah.” Mari kita perbanyak baca Solawat, berzikir, dan berbuat kebaikan, agar kelak mendapatkan Syafa’at Nabi Besar Muhammad SAW, dan dilindungi oleh Allah SWT, serta mendapat keberkahanNya Aamin.”

“Mudah-mudahan putra-putri kita terhindar dari fitnah, karena sekarang ini banyak berita-berita bohong atau hoak, kalau di Medsos banyak hoaknya, tetapi baca Al-Qur’an dan Solawat sudah pasti benar, dan mari kita berdo’a agar bencana banjir tidak terjadi lagi,” harap Ustaz Moch Ridwan. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA