by

Berbakti pada Alam, CSR AOP Group Gandeng Sanggabuana Conservation Foundation(SCF)

-Berita-217 Views

KOPI, Karawang – Corporate Social Responsibility atau CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan di dunia usaha atau industri sebagai rasa tanggung jawab. Tanggung jawab itu akan ditujukan untuk sosial maupun lingkungan sekitar.

Fungsi CSR adalah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sosial dan lingkungan, bagi para pelaku usaha atau industri. Dalam konteks PR (Public Relations), tanggung jawab sosial perusahaan akan diimplementasikan dalam program dan kegiatan Community Relations.

Kamis, 27 Oktober 2022 Tim CSR AOP group regional Karawang melakukan kunjungan ke Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) di puncak Sempur Desa Cintalaksana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang-Jawa Barat.

CSR AOP group regional karawang merupakan gabungan dari CSR perusahaan dibawah naungan Astra Otoparts yang ada di kawasan industri karawang.Beberapa perusahaan tersebut adalah:
PT. AT-Indonesia
PT. Astra Nippon Gasket Indonesia
PT. GS Battery
PT. Pakoakuina
PT. Century Batteries Indonesia
PT. Velasto Indonesia
PT. Metalart Astra Indonesia
PT. Aisin Indonesia Automotive
PT. Astra Juoku Indonesia
PT. Autoplastik Indonesia
PT. Inti Ganda Perdana
PT. Evoluzione Tire
PT. Advics Manufacturing Indonesia
PT. Gemala Kempa Daya

Pada pertemuan tersebut dibahas terkait rencana kerjasama antara CSR AOP dan Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) untuk secara bersama-sama melestarikan lingkungan.

Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) adalah sebuah yayasan yang mempunyai visi membangun kawasan sanggabuana sebagai kawasan perlindungan dan pelestarian alam yang bermanfaat bagi keanekaragaman hayati dan manusianya dengan misi:

  1. Melakukan pendataan dan kaijan keanekaragaman hayati di kawasan Sanggabuana untuk perubahan status kawasan jajaran pegunungan Sanggabuana menjadi Kawasan Pelestarian Alam dengan status Taman Nasional.
  2. Mempertahankan kawasan Sanggabuana sebagai hutan hujan tropis yang mampu menjadi penyangga kehidupan yang menunjang pendidikan dan penelitian.
  3. Memperbaiki ekosistem jajaran pegunungan Sanggabuana sehingga bisa mempertahankan keberadaan elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili, lutung jawa dan satwa liar langka endemik lainnya.
  4. Mewujudkan fungsi pemanfaatan secara lestari sumberdaya alam dan ekosistemnya dengan prinsip pengelolaan dengan mementingkan keberlangsungan ekologi, bukan ekonomi.
  5. Melakukan rehabilitasi hutan jajaran pegunungan Sanggabuana untuk mempertahankan Sanggabuana sebagai sumber air untuk Jatiuhur, Citarum dan kepentingan masyarakat di sekitarnya.
  6. Melibatkan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan berkelanjutan, termasuk wisata konservasi berbasis masyarakat.

12 personil Tim CSR AOP hadir pada pertemuan tersebut melakukan diskusi terkait konservasi alam dan keanekaragaman hayati di pegunungan sanggabuana bersama dengan Direktur eksekutif SCF, Solihin Fuadi dan Nur Setia Budi sebagai dewan pengawas SCF.


“Sudah banyak program yang digulirkan Tim CSR AOP ini sesuai dengan 4 pilar yang dicanangkan ASTRA, sebelum nya kami sudah melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir, mengingat kota Karawang mempunyai wilayah pesisir dan pegunungan maka hari ini kami coba fokuskan ke wilayah pegunungan sanggabuana”, ujar Daryono selaku ketua tim CSR AOP.

Pada kesempatan tersebut Tim CSR AOP diajak untuk meninjau langsung kondisi pegunungan sanggabuana dan juga melihat area yang akan menjadi fokus rehabilitasi hutan dengan dilakukan penanaman kembali.
“Menjaga alam tidak bisa hanya dilakukan oleh satu dua orang,tapi kita harus bersama-sama”, tegas Nur Setia Budi

Tim CSR AOP sepakat membuat MOU dengan pihak SCF selaku lembaga yang konsen terhadap kelestarian lingkungan.
Rencananya akan segera dilakukan tindak lanjut dari pertemuan tersebut dengan melaksanakan program adopsi pohon, yakni sebuah program dimana SCF dan Tim CSR AOP bekerjasama untuk merehabilitasi hutan dengan penanaman pohon.


“Semoga kerjasama dengan pihak SCF selaku aktivis lingkungan hidup dapat berkesinambungan sehingga ekosistem di hutan pegunungan sanggabuana Karawang tetap terjaga yang akhirnya berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar”, harap Budi Prasetyo selaku perwakilan dari CSR PT. GS Battery di akhir pertemuan.(*dw)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA