by

Bagikan Dua Ribu Bibit Cabai, Bupati Jembrana: Kita Berharap Ketersediaan Cabai Dapat Terpenuhi

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membagikan sebanyak dua ribu bibit cabai setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Jembrana, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Selasa (4/10/2022). Pembagian tersebut sebagai upaya menstabilkan harga komoditas pangan dan mengendalikan inflasi imbas kenaikan harga BBM.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa salah satu pemicu inflasi adalah, akibat kenaikan harga pangan khususnya cabai yang harganya sangat fluktuatif akhir-akhir ini. “Tingginya harga cabai di pasaran dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi masyarakat dan mendorong inflasi, dengan menanam cabai di rumah, itu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga, tanpa ketergantungan dengan stok di pasaran,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba berpesan kepada perbekel (kades-red)/lurah agar memanfaatkan bantuan bibit cabai tersebut untuk memenuhi kebutuhan cabai di masyarakat, khususnya kepada Babinsa dan Babinkamtibnas agar mengawal pemanfaatan bantuan tersebut. “Kepada seluruh perbekel/lurah agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan/lahan kosong untuk menaman cabai.”

“Kepada semua Babinsa/Babinkamtibmas dan ASN agar mengawal pemanfaatan bantuan ini, dan memberikan contoh serta motivasi kepada masyarakat sekitar untuk budidaya tanaman pangan/cabai di pekarangan rumah atau lahan yang kosong,” pesan Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap dengan pembagian bibit cabai tersebut mampu mengontrol produksi cabai di wilayah Kabupaten Jembrana, dan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat. “Melalui bantuan ini kita berharap dengan ketersediaan pangan, khususnya cabai di masyarakat dapat terpenuhi, dan salah satu pemicu inflasi yaitu kenaikan harga pangan/cabai dapat kita kendalikan untuk menjaga tingkat ketahanan pangan,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan I Wayan Sutama menjelaskan bahwa terkait penyaluran bantuan bibit cabai tersebut akan dilaksanakan secara bertahap. “Untuk tahap pertama, hari ini kita salurkan sebanyak dua ribu bibit cabai untuk setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Jembrana, dan tahap kedua akan disalurkan sebanyak seribu bibit cabai untuk setiap desa/kelurahan,” jelas Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama.

Ia juga berharap melalui bantuan tersebut mampu mendukung ketersediaan komoditas cabai di masyarakat. “Melalui bantuan bibit cabai sebanyak dua ribu untuk setiap desa/kelurahan, kami berharap mampu mendukung ketersediaan komoditas cabai untuk 3-4 bulan ke depan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA