by

5 Tips Mudah Mencapai Karir Impian

-Tips-385 views

KOPI, Jakarta – Semua orang mungkin punya karier impian di masa depan, yakni mencapai jenjang karir tertinggi dalam sisi profesionalitas Anda. Segala upaya, kerja keras akan dilakukan untuk mencapai impian tersebut. Ada yang sukses ada yang tidak. Semua tergantung upaya dan proses yang dijalaninya. Penting diingat bahwa mengejar karir dan mengejar sesuatu hal yang baru memerlukan waktu, kerja keras dan juga kesabaran. Tetapi jika Anda memiliki kepercayaan yang cukup kuat, Anda akan menemukan cara untuk mencapainya. Berikut beberapa tips agar karir impian Anda tercapai :

Cari tahu kontribusi terbaik dan apa yang membedakan Anda dengan yang lain.

Diskusikan dengan para profesional (orang yang berpengalaman) di dalam industri yang Anda tuju. Dapatkan wawasan/pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai segala bentuk persoalan dan trend pada industri tersebut. Termasuk juga masalah karyawan/perekrutan. Hal ini tentunya akan membantu untuk mencari tahu seberapa besar Anda dapat menampilkan skill dalam CV dan bagaimana Anda akan memberikan kontribusi di perusahaan tersebut.

Tujuannya adalah untuk menentukan nilai lebih apa yang bisa diberikan kepada perusahaan yang tentunya membuat Anda berbeda dengan para pesaing lainnya.

1. Lamarlah pekerjaan yang spesifik dan sesuai dengan impian Anda

Ini mungkin terdengar tidak umum, namun patut untuk dicoba. Di samping melamar sebuah iklan lowongan kerja di situs online, Anda juga dapat melakukan pendekatan yang lebih berani. Anda dapat mengirimkan (e-mail/pos) lamaran secara spekulatif dengan mencantumkan posisi yang Anda inginkan (posisi yang lebih spesifik) kepada Perusahaan impian Anda Tentunya hal tersebut akan menjadi perhatian mereka.

Keuntungan dalam melakukan hal ini adalah cv lamaran yang Anda kirimkan tidak akan sama dengan ratusan lamaran lainnya yang masuk. Jika Anda tidak pernah mencoba, Anda tidak akan tahu. Dan dengan mencoba, Anda tidak akan merasa kehilangan sesuatu.

2. Kenali 10 Perusahaan terbaik berdasarkan value yang paling penting untuk Anda

Ada peningkatan jumlah perusahaan yang mulai mempekerjakan seseorang berdasarkan kepribadiannya dibandingkan pengalamannya. Mereka lebih mengutamakan semangat tim dan fleksibilitas daripada kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki pelamar. ‘Cara perusahaan melakukan sebuah bisnis sudah berubah, yang artinya cara kerja pun juga berubah’.

Dengan mengenali pekerjaan impian Anda berdasarkan dengan nilai-nilai/value yang paling penting, Anda akan dengan tepat melamar ke perusahaan yang akan menghargai dan menilai kepribadian serta kemampuan Anda. Kesempatan Anda untuk sukses akan jauh lebih tinggi.

3. Tanya rekan kerja mengenai 10 perusahaan terbaik Anda

Dapatkan pendapat tentang 10 perusahaan utama pilihan Anda. Sangatlah wajar jika kita lebih percaya kepada seseorang yang kita kenal daripada orang yang belum pernah kita temui sebelumnya, khususnya dalam hal HR Manager yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca tumpukan CV/Resume sepanjang hari. Anda akan terkejut, seberapa jauh kehidupan sosial dapat membantu Anda.

4. Ikuti pelatihan / kursus untuk mengasah kemampuan

Tingkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian dengan mengasah kemampuan Anda. Selalu menunjukan inisiatif untuk memperbaiki diri, dan memiliki segala pengetahuan terbaru mengenai keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan, akan membuat peluang Anda lebih tinggi.

5. Persiapkan diri sepenuhnya untuk sesi wawancara

Di saat Anda telah mendapatkan jadwal untuk sesi wawancara, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Di samping mencari tahu mengenai perusahaan tersebut, pastikan Anda memiliki daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada pewawancara.

Keberadaan Anda di sana selain untuk dapat mempromosikan diri dan kemampuan, Anda juga dapat menilai perusahaan itu apakah sebuah perusahaan yang memiliki potensi yang baik. Ini merupakan kesempatan untuk mencari tahu sebanyak mungkin mengenai pekerjaan dan juga budaya perusahaan. Pastikan Anda melakukan itu semua.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA