by

11 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi

KOPI, Jakarta – Karang gigi, merupakan plak yang disebabkan oleh adanya penumpukan sisa makanan dan minuman yang berkembang dan membentuk karang gigi. Penumpukan ini disebabkan karena kebiasaan yang kurang baik yakni kurang maksimal dalam membersihkan gigi. Padahal, gigi dan mulut merupakan bagian tubuh yang penting dan perlu dijaga dengan baik karena melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Jika dibiarkan begitu saja, bakteri yang ada pada area karang gigi akan berkembang biak dan menghasilkan zat asam. Zat asam ini yang nantinya bisa merusak lapisan enamel yang berfungsi melindungi gigi, sehingga gigi menjadi lebih mudah rusak. Mulut juga rentan berbau tidak sedap sehingga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Apabila intensitas karang gigi yang dialami cenderung berat, maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau lebih praktisnya melakukan konsultasi dokter online. Sedangkan bila intensitasnya ringan, maka Anda bisa mencoba 11 cara menghilangkan karang gigi yang mudah dilakukan di rumah berikut ini. Yuk, simak penjelasannya!

1. Membersihkan gigi dengan benar

Cara membersihkan karang gigi yang paling utama tentu saja adalah dengan membersihkan gigi secara benar. Banyak orang membersihkan gigi ala kadarnya saja tanpa memperhatikan sisi gigi yang rentan mengalami penumpukan sisa makanan.

Sikat gigi secara menyeluruh dan perlahan hingga benar-benar bersih, lakukan sebanyak dua kali sehari saat pagi dan malam dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Anjuran ini direkomendasikan langsung oleh American Dental Association (ADA). Ada baiknya juga untuk berkumur dengan air putih seusai makan agar tidak ada sisa makanan yang menumpuk pada gigi.

2. Menggunakan benang / dental floss

Cara ini merupakan treatment ekstra agar gigi senantiasa bersih dan sehat. Benang dental atau dental floss adalah produk yang sangat efektif dalam membersihkan area yang berada di sela-sela gigi serta area terdalam gigi, yang mana kedua area ini sulit dijangkau oleh bulu sikat.

Cara menggunakan benang dental juga cukup mudah, hanya perlu untuk melilitkan seutas benang di salah satu jari pada kedua tangan secara bersamaan, lalu secara perlahan selipkan di sela gigi yang akan dibersihkan dan geseklah benang secara pelan-pelan dari arah bawah ke atas agar kotoran yang menumpuk dapat terangkat dengan sempurna. Jangan menggesek terlalu kencang, ya. Gesekan yang terlalu kencang justru akan beresiko menimbulkan adanya iritasi pada gusi.

3. Rutin membersihkan lidah

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa sekitar 50% dari bakteri yang ada di mulut terletak di bagian permukaan lidah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan lidah secara rutin agar air liur dan bakteri tidak bercampur dan membentuk plak di permukaan lidah.

Cara membersihkan lidah terbilang mudah, cukup dengan menyikat area lidah secara perlahan. Sikat lidah dengan menggosoknya perlahan dari bagian pangkal atau bagian yang paling dalam ke arah bagian depan lidah dalam satu gerakan. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga lidah terasa bersih dan kesat, lalu bilas sisa kotoran yang ada dengan cara berkumur menggunakan air atau obat kumur.

4. Kurangi merokok

Selain menyebabkan gangguan pada fungsi paru dan jantung, merokok juga membawa dampak negatif bagi gigi dan mulut. Kandungan bahan kimia dalam sebatang rokok terutama nikotin dapat membuat warna gigi menguning dan memicu pembentukan karang gigi.

Karang gigi pada perokok berat biasanya cenderung berwarna kehitaman atau lebih gelap dibanding karang gigi pada umumnya karena adanya interaksi dengan bahan kimia yang terkandung pada rokok. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi rokok jika ingin menghilangkan karang gigi.

5. Gunakan kulit jeruk

Ini merupakan cara alami yang dapat Anda coba. Caranya cukup gosokkan kulit jeruk ke bagian gigi, kemudian diamkan semalaman tanpa perlu dibilas. Esok paginya, Anda cukup berkumur dan karang gigi pun akan berkurang.

6. Konsumsi vitamin C

Selain menggunakan kulit jeruk, konsumsi vitamin C yang cukup juga akan membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rutin mengonsumsi vitamin C akan membantu menghilangkan karang gigi secara lebih efektif.

7. Gunakan daun sirih

Daun sirih merupakan bahan anti-bakteri alami yang mudah didapat. Untuk menghilangkan karang gigi, tumbuk daun sirih dengan cengkeh hingga setengah halus, lalu kunyah. Ulangi langkah ini setiap hari hingga karang gigi hilang dan bonusnya mulut Anda akan berbau lebih segar dibanding sebelumnya.

8. Mengonsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur secara rutin tak hanya membuat asupan nutrisi tubuh menjadi terpenuhi, namun juga menjaga kesehatan tubuh termasuk pada gigi dan mulut. Tak hanya menghilangkan karang gigi, konsumsi buah dan sayur yang rutin dan signifikan juga akan membantu agar bau mulut tetap terjaga kesegarannya.

9. Berkumur dengan minyak kelapa

Ini merupakan metode yang cukup populer di India, dikenal sebagai metode oil pulling. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan minyak kelapa dengan temperatur hangat. Karang gigi akan luruh dalam proses ini dan gigi pun kembali sehat.

10. Rajin minum air putih

Ini merupakan cara paling mudah dan murah yang kerap diabaikan oleh orang-orang. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu menjaga mulut tetap lembab dan meluruhkan plak serta sisa makanan yang ada di permukaan gigi.

11. Menggunakan baking soda

Baking soda tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan memasak saja, lho. Bahan yang satu ini juga kerap kali digunakan untuk menghilangkan karang gigi secara mudah. Cukup dengan mencampurkan sejumput baking soda dan garam, kemudian gosokkan pada bagian gigi yang berkarang dengan menggunakan sikat gigi dan biarkan selama beberapa menit agar karang gigi dapat terkikis dan hancur secara alami.

Itu dia 11 cara mudah untuk menghilangkan karang gigi. Selamat mencoba!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA