by

Wow!! Pengalaman Pertama Menjadi Pewarta

KOPI, Karawang – Sebanyak 32 orang buruh FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Bidang Diklat DPC LEM SPSI Kabupaten Karawang pada hari Kamis tanggal 29 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Indo Alam Sari Jalan Interchange Karawang, Jawa Barat.

Diklat ini dibuka langsung secara resmi oleh ketua DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang, Agus Purnama, SE. Dalam sambutannya, Agus menuturkan bahwa media massa itu sangat penting. “Begitu pentingnya media sebagai penunjang aksi buruh, maka oleh karenanya diklat jurnalis ini diselenggarakan,” ungkap Ketua DPC Agus Purnama.

Kegiatan ini menghadirkan sebagai narasumber yaitu antara lain Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (Ketum PPWI), Wilson Lalengke. Selain Wilson Lalengke, dihadirkan juga Bung Mung Pujanarko sebagai pembicara.

Dalam pemaparannya, Bung Mung mengatakan bahwa setiap orang bisa menjadi pewarta. “Setiap orang bisa menjadi seorang pewarta,” tegasnya di awal-awal presentasenya. Kepada peserta diklat jurnalistik, narasumber yang merupakan dosen di Universitas Jayabaya Jakarta itu mengajarkan tentang pembuatan berita yang harus memenuhi unsur 5W+1H.

Sebagai latihan praktek menulis, Bung Mung Pujanarko memperagakan pembuatan artikel berita berbasis Quick News dengan jumlah 150 kata hanya dalam waktu 5 menit. Setiap peserta diwajibkan menghasilkan artikel berita dengan mengikuti pola 5W+1H, jumlah 150 kata, dalam durasi waktu penulisan 5-10 menit.

Tantangan menulis cepat itu dilakoni oleh setiap peserta dan semuanya berhasil dengan baik, lancar dan berhasil. Salah satunya adalah artikel saya yang Anda sedang baca ini. “Wow, senang sekali bisa menghasilkan tulisan atau berita tentang kejadian hari ini selama pelatihan jurnalistik. Terima kasih kepada para narasumber atas ilmu dan bimbingannya,” ucap saya dalam hati. (HMT/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA