by

Tips Memilih Hosting untuk Website

KOPI, Jakarta – Membangun web memang ada beberapa hal yang harus di perhatikan salah satunya ialah hosting. Perlu anda ketahui bahwa Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya peladen-peladen untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Bisa di bilang hosting merupakan sebuah memori digital yang fungsinya untuk menyimpan database dari suatu website. Untuk membuat web maka kalian juga harus tau bagaimana sih tips memilih hosting murah Indonesia yang tepat, nah berikut ini adalah beberapa tips memilih layanan hosting untuk membuat website yang perlu kamu perhatikan:

1. Cek Kualitas Performa Server

Sebelum memilih layanan hosting, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu cek kualitas server. Ada beberapa parameter yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur salah satunya yaitu lokasi server. Pilihlah lokasi server sesuai dengan negara target visitor website yang akan kamu buat. Misal kalian memilih harga VPS murah yang memang performanya cepat.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan spesifikasinya seperti teknologi server, kecepatan prosesor dan network, kapasitas RAM dan hardisknya. Untuk mengecek spesifikasi layanan, kamu bisa mengeceknya di website milik penyedia layanan hosting atau bisa juga menanyakan langsung pada customer supportnya.

2. Pastikan Memiliki Customer Support 24 Jam

Layanan hosting yang berkualitas juga dapat dilihat dari layanan customer supportnya yang siap untuk melayani pelanggannya dalam 24 jam. Namun, hanya siap saja itu tidak cukup, customer support yang baik itu harus bisa membantu dalam menyelesaikan masalah yang di hadapi pelanggannya dengan baik dan tepat.

Selain itu tingkat keramahan, sopan santun juga sangat penting dalam sebuah layanan. Layanan hosting yang baik juga harus bisa memperhatikan pelanggannya dengan menyediakan sarana komunikasi seperti lewat live chat, email, tiket bantuan hingga telepon.

3. Cek Harga Paketnya

Pastikan kamu mengecek terlebih dahulu harga paket layanan hosting yang akan kamu pilih. Harga yang kamu bayar haruslah sesuai dengan paket hosting yang kamu gunakan. Kamu bisa membandingkan harga jenis paket hosting secara spesifik dari setiap layanan hosting. Pastikan kamu memilih hosting murah namun memiliki layanan yang bagus. Jangan sampai kamu memilih hosting dengan harga yang murah namun kualitasnya kurang baik. Selain itu dalam memilih hosting sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki.

4. Perhatikan Penawaran Fitur Tambahan

Biasanya terdapat fitur utama dan fitur tambahan yang ditawarkan pihak penyedia layanan hosting. Pastikan hosting yang kamu pilih memiliki fitur tambahan seperti fitur proteksi dan keamanan.

Sebagai contoh fitur SpamExpert dan fitur SpamAssassin Protection yang bermanfaat untuk mengatasi masalah spam website. Selain itu jika pihak layanan hosting memiliki banyak fitur, pastikan kamu memilih fitur tambahan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Cek kebijakan Garansi

Pastikan perusahaan penyedia layanan hosting yang kamu pilih menyediakan fasilitas garansi uang kembali. Biasanya fasilitas garansi yang diberikan terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

 Pastikan kamu mengetahui besarnya nominal yang didapatkan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana sistem pengembaliannya dan berapa lama waktunya. Apabila keterangan tersebut kurang jelas, kamu bisa menanyakan kepada customer supportnya.

6. Cek Review Pelanggan

Cek review dari para pelanggan layanan hosting yang berlangganan hosting di tempat penyedia layanan hosting yang akan kamu pilih.

Untuk mengecek reviewnya, kamu bisa menelusuri blog, forum atau bertanya kepada teman yang juga berlangganan. Pastikan kamu mengecek pada ulasan forum atau blog yang terpercaya.

Itulah beberapa tips memilih hosting untuk website, semoga penjelasan yang sudah saya tulis di atas dapat bermanfaat.(*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA