by

Terima Bantuan Bibit Cabai, Ketua TP PKK Jembrana: Mari Menanam di Pekarangan Rumah

KOPI, Jembrana – KetuaTim Penggerak, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jembrana Nyonya Candrawati Tamba menerima langsung bantuan sebanyak 3 ribu bibit cabai dari Deputi Direktur Bank Imdonesia Provinsi Bali Donny H Heatubun, bertempat di Sekretariat PKK Jembrana Bali, Selasa (27/9/2022). Bantuan bibit cabai tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Jembrana.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan inflasi harga kebutuhan pokok di pasaran seperti cabai dan bawang merah di Jembrana. Terkait hal tersebut Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali menyerahkan sebanyak 3 ribu bibit cabai kepada TP PKK Kabupaten Jembrana. Bantuan bibit cabai tersebut kemudian akan diserahkan kembali kepada masyarakat Jembrana.

Turut hadir Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Asisten Pembangunan dan Kesra I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, OPD terkait serta Camat se- Kabupaten Jembrana.

Lanjutnya, Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Nyonya Candrawati Tamba mengucapkan terima kasih dan berharap kolaborasi, sinergitas terus berlanjut untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Menurut Nyonya Candrawati Tamba saat ini kondisi perekonomian masyarakat kembali menurun akibat kenaikan harga BBM yang menyebabkan kenaikan harga barang terutama kenaikan harga kebutuhan pangan di pasaran seperti cabai dan bawang merah.

“Kenaikan inflasi saat ini, kita jangan panik, mari kita bijak untuk memanfaatkan pekarangan rumah melalui program ‘Aku Hatinya PKK’. Mari kita menanam di pekarangan rumah dengan tanaman pangan seperti cabai, terong, tomat, bayam yang hasilnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun dijual untuk menambah pendapatan keluarga,” ucap Nyonya Candrawati Tamba.

TP PKK Jembrana Nonya Candrawati Tamba berpesan kepada para Camat dan Ketua TP PKK kecamatan bahwa bantuan bibit cabai yang telah diserahkan tersebut dapat diteruskan kepada masyarakat. Untuk keberlangsungan tanaman tersebut harus dirawat dengan baik.

“Pastikan bibit cabai ini betul-betul dirawat, dipupuk, dijaga dengan baik, dan dikembangkan oleh masyarakat, kami dari TP PKK Kabupaten secara rutin akan turun memantau ke penerima bantuan demi terwujudnya Paman Emas 26 (Pangan Aman Menuju Jembrana Emas 2026),” pesan Ketua TP PKK Nyonya Candrawati Tamba.

Sementara Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali Donny H Heatubun menyampaikan bahwa bantuan bibit cabai tersebut merupakan tindak lanjut dari inisiasi Bank Indonesia atas diterbitkannya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. Salah satu kegiatan dari gerakan tersebut adalah ajakan untuk menanam cabai.

“Seperti yang kita ketahui bahwa cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi, hal ini tidak hanya di Bali saja, tetapi juga seluruh Indonesia, dan kita harapkan dengan gerakan tanam cabai ini, khususnya melalui Kader PKK kita bisa mengendalikan inflasi harga cabai,” ucap Deputi Direktur BI Provinsi Bali, Donny H Heatubun.

Deputi Direktur BI Provinsi Bali Donny H Heatubun juga menambahkan bahwa sebanyak 3 ribu bibit cabai yang telah diserahkan agar bisa dirawat dan dijaga dengan baik. “Jika sudah dirawat dengan baik, nanti pada bulan November dan Desember mendatang sudah bisa dipanen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga dari hasil panen cabai di pekarangan rumah tersebut, bisa menanggulangi kenaikan harga cabai,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA