by

Spesifikasi Hoist Crane 10 Ton Paling Detail dan Kuat

KOPI, Jakarta – Saat bekerja di bidang konstruksi, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan hoist crane. Saat ini sendiri alat tersebut sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya adalah spesifikasi hoist crane 10 ton. Tentunya, masih ada banyak tipe lainnya dengan fungsi tidak jauh berbeda.

Pengertian Hoist Crane

Hoist crane merupakan salah satu jenis pesawat angkat yang lengkap dengan roda serta lintasan rel dalam proses pengangkatannya. Umumnya penggunaannya juga bisa Anda pakai di ruang terbatas. Akan tetapi, terdapat pula beberapa jenis alat yang beroperasi di area terbuka.

Alat ini sendiri termasuk sebagai satu kesatuan dengan prinsip kerja yang tidak dapat terpisahkan. Sampai saat ini sendiri terdapat beberapa sistem kerja pada hoist crane tersebut. Seperti elektrik hoist serta manual hoist. Untuk cara kerja manual dapat Anda operasikan memakai listrik.

Adapun prinsip kerjanya memakai proses kerja mekanik dengan katrol. Berbeda dengan sistem kerja elektrik yang nantinya akan dioperasikan menggunakan listrik. Selain itu, umumnya hoist crane juga mempunyai beberapa tipe sesuai dengan kapasitas beban angkutnya.

Fungsi Utama Hoist Crane

Perlu Anda ketahui, bahwa fungsi utama dari hoist crane adalah membantu mengangkat material sekaligus memindahkannya ke tempat lain sesuai keinginan penggunanya. Contohnya saja crane hoist dengan kapasitas 1 ton. Tentu saja tidak berguna untuk mengangkat beban bersifat ringan seperti di sekitar kita.

Akan tetapi, crane tersebut berguna untuk mengangkat material dengan beban cukup berat. Umumnya hal ini termasuk sebagai keperluan dalam beberapa bidang. Mulai dari pergudangan, pelabuhan, industri, konstruksi bangunan, bengkel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, hoist crane juga sering orang kenal dengan istilah katrol. Adapun operasinya memanfaatkan sistem hidrolik serta bekerja lewat bantuan udara atau sistem pneumatik. Tentu saja hadirnya alat berat tersebut sangat berperan dalam meringankan pekerjaan manusia sehingga ada banyak orang mencarinya.

Spesifikasi Hoist Crane 10 Ton

Alat berat yang satu ini mempunyai kapasitas maksimal 10 ton dengan panjang sekitar 10 meter. Merupakan salah satu jenis mesin dengan penggunaan sebagai alat pengangkat maupun pengangkut. Umumnya digunakan di daerah-daerah seperti pabrik, industri, bengkel, dan lain sebagainya.

Hoist crane satu ini sendiri mempunyai kekuatan mencapai 50/60 Hz dengan kecepatan 2,8 meter per menit. Untuk control voltagenya sendiri terbilang sangat beragam. Yakni mulai dari 24 V, 36 V, hingga 48 V. Sedangkan berat total dari alat tersebut dapat mencapai hingga 520 kg.

Tentu saja sangat penting untuk mengoperasikannya dengan tepat. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menggunakan alat tersebut. Saat memakainya sendiri sudah lengkap dengan lintasan rel hingga roda. Dengan begitu, dapat efektif mengangkat muatan dengan beban berat maupun ringan.

Beberapa Tipe Hoist Crane secara Umum

Seperti yang Anda ketahui, hingga saat ini ada banyak tipe hoist crane di pasaran. Tidak heran jika keberadaannya mempunyai peran sangat penting mengingat fisik manusia juga tidak mampu mengangkat beban berat hingga ber ton-ton. Di bawah ini beberapa tipenya:

Truck Crane

Kebanyakan orang juga menyebutnya dengan istilah mobil crane. Untuk jenis alat berat satu ini sendiri dapat dengan mudah Anda temui di truk yang sudah lengkap dengan tingkat fleksibilitas. Tidak heran jika sangat mudah bergerak menuju arah barang saat ingin mengangkutnya.

Dengan begitu, setiap penggunanya dapat memindahkan barang tersebut menuju lokasi lainnya sehingga tidak hanya fokus pada satu titik saja. Umumnya, jenis crane yang satu ini bisa Anda bawa ke tempat konstruksi tanpa memerlukan trailer ataupun kendaraan khusus pengangkut lainnya.

Tower Crane

Termasuk sebagai jenis hoist crane yang umumnya berguna di proyek konstruksi bangunan. Tidak heran jika Anda nantinya mudah menemukan alat tersebut. Termasuk pada pembangunan gedung-gedung tinggi. Tentu saja ketinggian tersebut tidak dapat terjangkau apabila hanya mengandalkan manusia saja.

Oleh sebab itu, sangat penting menggunakan alat ini karena mampu menjangkau ketinggian mencapai 70 meter. Tentu saja sangat efektif untuk mengangkat material sesuai kebutuhan tinggi tersebut. Adapun beban yang dapat diangkat sekitar 20 ton. Hanya saja tidak bisa berpindah terlalu jauh dari lokasinya.

Hydraulic Crane

Untuk jenis hoist crane ini sendiri umumnya orang gunakan untuk keperluan pergudangan maupun perbengkelan. Tidak heran jika terbilang cukup mudah menemukannya di lingkungan sekitar. Tipe alat berat tersebut juga mempunyai struktur jauh lebih sederhana daripada yang lainnya.

Akan tetapi tidak mempunyai tingkat fleksibilitas yang bagus. Terutama apabila penggunanya ingin memindahkan alat ini dari satu titik ke titik lainnya. Tipe hoist crane satu ini sendiri juga hanya mempunyai jangkauan terbatas. Yakni dengan cara berputar mencapai 180 derajat saja.

Crawler Crane

Tipe lain dari hoist crane yang bisa Anda ketahui adalah crawler crane. Untuk spesifikasinya sendiri memang tidak jauh berbeda dengan hydraulic crane sebelumnya. Yakni hanya mempunyai jangkauan terbatas sehingga tidak terlalu panjang penggunaannya. Oleh sebab itu, jangan sampai salah pilih.

Umumnya Anda akan lebih mudah menemukannya di proyek pembangunan. Alat berat tersebut juga memakai roda-roda berantai sehingga tidak heran jika mempunyai nama crawler. Bentuk rodanya sendiri membuatnya mampu menjangkau berbagai medan sehingga cukup aman di berbagai lokasi.

Itu tadi informasi lengkap tentang spesifikasi hoist crane 10 ton dan berbagai tipenya secara umum. Sebelum membelinya, maka sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan terlebih dahulu. Pasalnya, setiap alat tersebut mempunyai daya angkat berbeda-beda sehingga jangan sampai salah memilihnya. Jangan salah pilih ya, di sini tempat beli hoist crane.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA