by

Rubah Status IDM Desa, Rahmat Bawuoh Merubah Desa Malambe Menjadi Desa Maju

KOPI, Ponelo Kepulauan – Kepala Desa Malambe Rahmat Bawuoh berhasil merubah status IDM Desa Malambe dari desa tertinggal menjadi desa maju. Hal tersebut disampaikan Kades Rahmat kepada awak media yang menemuinya di Kantor Pemerintah Desa Malambe, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (12/9/22).

Sejak lahir dari proses demokrasi pilkades tanggal 11 Desember 2018 dan dilantik tanggal 19 Februari 2019, Kades malambe yang merupakan seorang pendatang langsung tampil di tengah-tengah masyarakat Malambe dengan gaya awal yaitu turun lapangan (turlap) ke dusun-dusun untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi rakyatnya. Bukan hanya sekedar turlap untuk bergagah-gagahan, namun hasil dari pada turlap yang pada saat itu didampingi Sekdes Malambe Hamzah Jole, S.Ip , dan bersama salah satu Kaur Umum dan Perencanaan Resmi Hasan langsung menyahuti semua pokok-pokok apa yang menjadi harapan rakyat.

Di tahun 2019, Rahmat Bawuoh memulai kerja sebagai pelayan rakyat dengan melanjutkan patron APBdesa dari Kepala Desa Guntur Pakaya, baru di tahun 2020 barulah Rahmat bekerja sesuai visi misi kerakyatannya yang dirangkum dalam dokumen RPJMD yang tentunya menjadi pijakan atau kiblat daripada pembangunan selama beliau memimpin rakyat Malambe.

Dokumen RPJMD yang merupakan pijakannya inilah yang setiap tahun dimusyawarahkan bersama BPD untuk menjadi APBDes setiap tahunnya, berbagai program kerakyatan diluncurkan mulai pemberdayaan nelayan dan petani hingga pembangunan infrastruktur dibangunnya.

Menurut sang nakhoda Malambe tersebut, “Memanfaatan dana desa harus betul-betul menyentuh rakyat, bukan saja berbicara dana desa untuk memenuhi kebutuhan rakyat tetapi Rahmat Bawuoh melakukan lobi-lobi ke tingkat kabupaten, provinsi bahkan ke kementrian untuk menambah pundi-pundi kesejahteraan rakyatnya sehingga jangan heran jika tag line sang Kades adalah uang rakyat luncur ke rakyat.”

Kades yang satu ini jarang berbicara tetapi banyak membuktikan dengan tindakan real, sudah terbukti banyak prestasi yang beliau dapat tetapi baginya prestasi-prestasi itu merupakan perwujudan dari pada dukungan semua rakyat dan lembaga desa lainnya. Hal tersebut dikarenakan beliau sadar bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu bersama rakyat dan setia terhadap rakyat serta berada di garis terdepan berjuang untuk kesejahteraan rakyat.

Pada tahun 2022, Rahmat Bawuoh mampu menaikan 2 level status IDM Malambe dari status desa tertinggal menjadi status desa maju. Baginya berdosalah seorang pemimpin jika mengingkari janji janji visi misi. (M)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA